5 Kiat Mudah, Cegah Plak pada Gigi

5 Kiat Mudah, Cegah Plak pada Gigi

Plak gigi yang menumpuk merupakan salah satu penyebab terbentuknya karang gigi. Karang gigi ini dapat menyebabkan bau mulut serta permasalahan gigi dan mulut lainnya. Oleh karena itu, pembentukan plak ini perlu dicegah sedini mungkin sebelum gigi mengalami masalah.

Dilansir dari Carfree Dental, penumpukan karang gigi dapat dicegah dengan mengilangkan plak pada gigi secara teratur. Bahkan, tak harus pergi ke dokter gigi, hal ini bisa dilakukan dengan mudah di rumah. 

Lalu, apa aja kiat yang perlu diterapkan untuk mencegah plak pada gigi? Simak selengkapnya di bawah ini ya, gengs.

1. Menyikat Gigi dengan Hati-hati dan Teratur

Menyikat gigi dengan benar dan teratur sangat penting diterapkan agar plak gigi tidak terbentuk. Penerapannya bisa dimulai dengan menyikat gigi setelah makan. Namun perlu diperhatikan, maksud 'setelah makan' di sini adalah lebih 30 menit usai makan baru kemudian menyikat gigi, ya.

Hal ini dilakukan untuk menetralkan kembali kondisi mulut usai terpapar berbagai zat yang berasal dari makanan yang dikonsumsi. Saat menyikat gigi, usahakan tekanan pada setiap gigi sama sehingga kebersihannya lebih baik.

5 Kiat Mudah, Cegah Plak pada Gigi (KlikDokter)

2. Gunakan Pasta Gigi Berflouride

Bukan rahasia lagi jika banyak pasta gigi yang di jual di pasaran mengandung flouride. Ya, hal ini bukan tanpa alasan mengingat flouride merupakan zat yang dapat memperkuat enamel gigi, serta mengurangi risiko pembusukan dari makanan dan minuman asam.

Bahkan, flouride diketahui dapat membantu gigi yang membusuk untuk sembuh dan beregenerasi.

3. Mengoleskan Kulit Jeruk pada Gigi

Kiat menghilangkan plak gigi berikutnya ini terbilang sederhana. Caranya dengan mengoleskan kulit jeruk pada gigi. Hal ini dapat membantu melawan mikroorganisme pembentuk karang gigi pada email gigi.

Selain dengan cara oles, kamu juga bisa menumbuk kulit jeruk dan kemudian mengoleskannya ke area yang bernoda. Biarkan selama beberapa saat dan bilas.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"