5 Ide Resolusi Kesehatan Yang Bisa Kamu Lakukan Sepanjang Tahun 2020

5 Ide Resolusi Kesehatan Yang Bisa Kamu Lakukan Sepanjang Tahun 2020

Detik-detik menuju 2020 nih, udah siapin resolusi belum, gengs? Biar nggak bingung, kamu bisa lho bikin resolusinya secara spesifik, misalnya soal kesehatan. Dari sini aja, bisa dibagi-bagi beberapa poin lho. 

Mau yang wow atau receh pun boleh aja kok, yang penting kamu punya semangat terus buat mencapai semuanya. Apa aja sih resolusi kesehatan yang bisa kamu gapai di tahun depan? 

Tidur (medicalnewstoday.com)

Tidur lebih awal

Yup, kamu boleh lho bikin resolusi sesederhana ini. Apalagi buat kamu yang sering begadang dan tidur di atas jam 12 malam. Pokoknya tahun depan kamu tidur lebih cepat dari biasanya dan mencukupi kebutuhan tubuh buat istirahat, misanya 8 jam setiap hari. Meski terkesan receh, tidur lebih awal dan cukup itu ngaruh banget lho buat kesehatan. Jadinya, pas bangun lebih segar dan semangat beraktivitas. 

Banyak gerak 

Kamu juga boleh bikin rencana untuk banyak gerak di tahun depan. Geraknya bisa apa aja kok, mau itu banyakin jalan kaki, jogging, sepedaan, atau olahraga lain yang kamu suka. Intinya sih banyakin gerak dan kurangin males-malesan. Kamu bisa jadwalin 30 menit bergerak setiap harinya.

Pola makan sehat (rd.com)

Benerin pola makan 

Alih-alih bikin resolusi untuk jadi kurus atau naikin berat badan, mending fokus ke pola makan dulu aja deh. Nanti masalah berat badan sih anggap aja bonus ketika kamu berhasil. Ngubah pola makan di sini bisa berarti banyak hal sesuai kebutuhan sih.

Misalnya, kamu mau kurangin makan nasi, kurangin gorengan, kurangin manis dan asin, kurangin karbohidrat, banyakin protein, lebih banyak makan buah dan sayur, dan sebagainya. 

Rutin medical check up 

Banyak orang malas ke dokter ketika nggak sakit. Malah, banyak juga sih yang sakit pun enggan ke dokter karena berbagai alasan. Padahal, medical check up secara rutin itu penting lho untuk deteksi dini. Soalnya kamu jadi bisa tahu kalau tiba-tiba ada penyakit yang selama ini nggak kamu ketahui. 

Ya, memang banyak orang takut sih. Tapi ingat, kalaupun ada sesuatu, kalau ditangani lebih cepat malah lebih baik lho. Nggak mesti nunggu parah, kan? 

Untuk pemeriksaannya sendiri, bisa mata, gigi, kulit, tekanan darah, kolesterol, jantung, dan gula darah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"