5 Gaya Hidup Sehat Bisa Bikin Kamu Awet Muda dan Bebas Penyakit Kronis Sampai Tua

5 Gaya Hidup Sehat Bisa Bikin Kamu Awet Muda dan Bebas Penyakit Kronis Sampai Tua

Tema awet muda selalu jadi tema menarik yang terus diteliti. Banyak orang menginginkan tetap terlihat muda meski usia sebenarnya udah tua.

Bagi wanita, banyak banget skincare yang mengklaim bisa menjaga penampilan tetap segar dan muda. Krim anti aging laris manis di pasaran.

Penelitian ilmiah yang baru-baru ini diterbitkan menyimpulkan kalau ada faktor gaya hidup yang dapat meningkatkan peluang mencapai usia yang lebih tua tanpa masalah kesehatan kronis.

Awet muda (gratisrecruitment.com.au)

Ada banyak penelitian tentang pilihan gaya hidup, seperti merokok, aktivitas fisik, kebiasaan minum, manajemen berat badan, dan diet. Memengaruhi rentang hidup kita secara keseluruhan dan kemungkinan mengalami penyakit kronis.

Namun, beberapa penelitian telah melihat bagaimana kombinasi dari faktor-faktor ini berhubungan dengan awet muda dan lebih kuat menahan penyakit.

Para peneliti memeriksa data dari sekitar 73.000 perawat wanita terdaftar di Amerika Serikat dari Nurses 'Health Study dan dari hampir 40.000 profesional kesehatan pria di Amerika Serikat dari Health Professionals Follow-Up Study.

Peserta penelitian tidak memiliki kanker, penyakit kardiovaskular, atau diabetes ketika mereka terdaftar.

Berat bada ideal (webmd.com)

Peserta studi secara rutin dinilai untuk diagnosis dari kematian akibat kanker, penyakit kardiovaskular, dan diabetes tipe 2 selama lebih dari 20 tahun. Peneliti menyesuaikan usia, latar belakang etnis, riwayat kesehatan keluarga, dan pertimbangan lainnya.

Faktor yang digunakan untuk menilai gaya hidup seperti apa yang bisa bikin awet muda dan sehat adalah sebagai berikut:

1. Tidak pernah merokok

2. Altivitas fisik rutin setidaknya 30 menit sehari

3. Asupan alkohol sedang

4. Berat badan ideal (didefinisikan sebagai BMI kurang dari 25)

5. Makanan sehat dan baik

Baik pria maupun wanita, memiliki kehidupan yang sehat dan lebih awet muda ketika menerapkan gaya hidup di atas. Semakin sedikit yang diterapkan, kemungkinan sakit dan meninggal di usia muda jadi lebih tinggi.

Selektif dalam apa yang Anda makan adalah salah satu faktor gaya hidup yang paling penting.

Shelley Wood, MPH, RDN, seorang dokter di Santa Clara Valley Medical Center di California, mengatakan kepada Healthline, "Makanan yang tinggi serat telah dipelajari secara luas punya manfaat pada kesehatan jantung, termasuk regulasi tekanan darah." 

Biji-bijian, buah-buahan, sayuran, kacang, lentil, dan kacang polong, telah terbukti menurunkan risiko penyakit jantung, kadar kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"