5 Fakta Tentang Meningitis, Penyakit Radang Otak Yang Dialami Musisi Glenn Fredly

5 Fakta Tentang Meningitis, Penyakit Radang Otak Yang Dialami Musisi Glenn Fredly

Musisi Glenn Fredly dikabarkan meninggal dunia pada Rabu (8/4/2020) karena penyakit meningitis. Penyanyi legendaris Indonesia ini berpulang pada usia 44 tahun dan meninggalkan seorang istri dan anaknya, Gewa Atlana Syamayim Latuihamallo yang baru berusia 2 bulan. 

Penasaran nggak sih seperti apa penyakit meningitis ini, apa penyebabnya, dan gimana cara penyembuhan serta pencegahannya? Yuk kita simak penjelasannya berikut ini~ 

Apa itu meningitis?

Apa itu meningitis? Meningitis (mtkenyatimes.co.ke)

Meningitis biasa disebut sebagai penyakit radang otak akibat adanya pembengkakan pada meninges (membran pembungkus otak dan tulang belakang). Ini adalah kondisi sangat serius karena bisa menimbulkan kompikasi yang bikin kondisi penderitanya semakin parah. 

Penyakit ini bisa terjadi pada siapa aja, dari anak kecil, remaja, sampai orang dewasa, apalagi mereka dengan kekebalan tubuh rendah. Nah, meningitis ini juga bisa menular dari orang ke orang. 

Jenis meningitis

Jenis meningitis Meningitis (pt.slideshare.net)

Ternyata meningitis ini terdiri dari beberapa jenis, misalnya meningitis virus yang biasa terjadi selama musim panas dan bisa hilang tanpa pengobatan. Ada juga meningitis bakteri yang disebabkan bakteri tertentu dan bisa berujung kematian. 

Jenis lain adalah meningitis jamur yang terbilang langka disebabkan oleh jamur dan menyerang orang dengan kekebalan tubuh rendah. Lalu ada meningitis parasit yang disebabkan oleh parasit dalam tanah, tinja, dan beberapa hewan kayak siput, ikan, dan unggas. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"