5 Cara Sederhana agar Tubuh Bugar Ala Sobat Rebahan

5 Cara Sederhana agar Tubuh Bugar Ala Sobat Rebahan

Buat kamu sobat mager, meskipun tahu manfaat olahraga teratur bagi kesehatan, tetep aja banyak alasan. Sibuk, males, mahal, gak mau sendiri dan banyak alasan lainnya.

Padahal olahraga itu penting loh. Terus gimana dong biar sehat tanpa oahraga yang berat. Buat sobat mager yang males mau keluar.

Simak beberapa tips berikut ini ya.

Diutip dari Kompas.com, ada cara sederhana untuk mendapatkan manfaat olahraga tanpa olahraga. Cara ini diungkapkan oleh pelatih selebritis Holliwood gengs, bukan abal-abal. Harley Pasternak, membongkar cara terbaik agar kita bisa hidup sehat dan bugar. 

Kata Harley, untuk mendapat tubuh bugar tidak melulu harus diperoleh dengan berolahraga. Konsisten melakukan gaya hidup sehat adalah faktor penting dalam kebugaran tubuh. Gaya hidup sehat ini juga menyangkut pola makan, tidur, cara bersantai, dan gerak tubuh kita meski tidak berolahraga.

Gimana caranya? Simak tips berikut ini.

1. Tidur nyenyak 7 jam

Tidur yang cukup (medibank.com.au)

Ternyata tidur memiliki efek yang penting bagi kesehatan sama dengan olahraga dan pola makan. Kurang tidur membuat gaya hidup sehat yang kita terapkan akan sia-sia dan menimbulkan banyak penyakit.

"Kurang tidur berdampak pada hormon dalam tubuh Anda yang memengaruhi nafsu makan, metabolisme, energi, dan suasana hati," kata Harley. Saat kurang tidur kita cenderung ingin mengonsumsi makanan tidak sehat dan menjalankan gaya hidup yang pasif.

Tidur dapat meningkatkan kadar hormon giberelin yang mengirimkan pesan ke otak bahwa kita lapar. Juga hormon leptin yang mengirimkan pesan ke otak bahwa kita kenyang.

Kalau tidur terganggu, siklus pengeluaran hormon tersebut juga akan terganggu.

2. Jalan kaki minimal 10.000 langkah sehari 

Buat sobat mager, kalau ke mana-mana, jaraknya dekat, jalan kaki aja. Hemat bahan bakar dan tidak mencemari lingkungan. Mau ke warung, ke laundry, atau ke kosan temen yang deket, jalan kaki aja.

Semakin banyak kita melakukan jalan kaki, semakin baik hasil yang kita peroleh.

3. Kurangi penggunaan gadget minimal satu jam sehari

Batasi penggunaan gadget (lifewire.com)

Sering bermain gagdet membuat kita lebih banyak diam. Selain bikin kita lebih aktif, cara ini juga bisa bikin pikiran jadi rileks dan membantu kita mengelola stres.

Kalau mau tidur simpan aja tuh hape ya.

4. Nutrisi seimbang dan penuhi cairan tubuh

Hemat bukan berarti makannya sembarangan ya gengs. Makan pakai sayur dan lauk sederhana hemat, tapi masih sehat karena ada sayurnya.

Makan dengan nutiri seimbang adalah cara utama yang diterapkan Harley untuk mendapatkan tubuh ideal. Ia menyarankan kita untuk fokus pada tiga nutrisi utama, yaitu protein, serat, dan lemak sehat.

"Ketiga nutrisi itu juga membuat kita merasa kenyang lebih lama," ucapnya.

Ia juga menyarankan agar kita menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Rasa haus kadang-kadang muncul sebagai rasa lapar. Dehidrasi juga bisa membuat kita merasa lemas dan memengaruhi kemampuan untuk berolahraga. 

5. Lakukan latihan resistensi lima menit sehari 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"