5 Cara Pernafasan Bisa Menenangkan Hati dan Pikiran, Sederhana Bisa Kamu Lakukan Setiap Saat

5 Cara Pernafasan Bisa Menenangkan Hati dan Pikiran, Sederhana Bisa Kamu Lakukan Setiap Saat

Sepertinya dunia semakin kompleks setiap hari. Pekerjaan kita menjadi lebih menuntut, kebutuhan keluarga menjadi lebih besar, kebutuhan pribadi semakin banyak belum lagi pandemi. Bikin banyak hal jadi lebih sulit dan rumit.

Kamu jadi mudah gelisah dan resah. Apa kamu sering ngalamin hal ini gengs?

Ada kok cara menenankan hati dan pikiran tanpa obat. Bisa kamu lakukan segera dan di mana aja gengs, disebut pernapasan sadar.

Kamu mungkin pernah mendengar tentang pernapasan sadar atau mindfull breathing, tetapi gak ngerti gimana caranya. Berikut ini 5 cara atau teknik pernafasan yang bisa kamu coba gengs.

Menenangkan pikiran (naturainstitute.com.au)

1. Tenangkan Pikiran

Salah satu cara pernapasan yang penuh kesadaran menenangkan saraf adalah dengan menenangkan pikiran. Dengan menenangkan pikiran, bisa mengurangi kemacetan di pikiran yang bikin gelisah dan cemas.

Menenangkan pikiran Anda lebih mudah dari yang kamu kira. Sebenarnya lebih alami bagi pikiran kita untuk beristirahat daripada gelisah. Dengan duduk diam dan melakukan pernapasan sadar, kamumembiarkan pikiran Anda tenang secara alami.

2. Tenangkan Emosi

Pernapasan penuh kesadaran menenangkan emosi dengan dua cara. Pertama, dengan menenangkan pikiran, bisa mengurangi jumlah pikiran yang memicu emosi. Kedua, dengan pikiran yang tenang kamu bisa melihat sesuatu dengan lebih jelas.

Emosi kita adalah hasil dari cara kita memproses peristiwa dan informasi. Emosi selalu didahului oleh pikiran, baik sadar maupun tidak sadar. Jadi, dengan menenangkan pikiran melalui pernapasan sadar, bisa mengurangi jumlah pikiran dan emosi.

Dan karena pernapasan yang hati-hati memungkinkan kamu melihat dunia dengan lebih jelas, Mengubah pemrograman dalam pikiran yang mengarah ke emosi stres. Pada level yang lebih dalam, kamu akan lebih objektif dalam analisis informasi dan peristiwa.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"