5 Cara Mudah Mencegah Maag Kambuh Di Saat Tak Tepat

5 Cara Mudah Mencegah Maag Kambuh Di Saat Tak Tepat

Banyak orang ngerasa nggak nyaman ketika maag kambuh. Rasanya tuh perut sakit, cepat kenyang, kembung, mual, dan muntah. Gara-gara maag, nggak jarang aktivitas sehari-hari ikut terganggu. Soalnya, kamu pasti jadi nggak konsentrasi waktu lagi ngelakuin kegiatan kayak sekolah atau kerja.  

Nah, biar gejalanya nggak gampang kumat, ada beberapa pencegahan yang bisa kamu lakukan~ 

Mencegah maag (blogs.insanmedika.co.id)

Jangan merokok

Kalau kamu emang sering ngerasain gejala maag, sebaiknya berhentilah merokok. Dampaknya bisa menyebabkan  refluks asam lambung, asam lambung naik, dan gejala gangguan pencernaan. 

Makan lebih sedikit tapi sering

Untuk mencegah maag, kamu bisa mengubah pola makan. Intinya sih makan dengan porsi lebih sedikit tapi sering. Jadi, kalau biasanya kamu makan 3 kali sehari porsi besar, ubah jadi 6 kali tapi porsinya mini-mini aja. 

Makan terlalu kenyang bisa bikin isi lambung naik ke tenggorokan dan bikin maag. Sebaiknya, kamu juga menghindari makanan asam dan kafein.

Mencegah maag (acleisure.com)

Kurangi berat badan

Orang yang kegemukan berisiko mengalami maag karena cenderung makan lebih banyak dan porsinya besar. Makanya, kamu bisa coba ngurangin berat badan. Nggak perlu ekstrem kok, cukup 2-5 kg aja demi mencegah maag. 

Rajin minum yoghurt

Tau nggak sih kalau minuman fermentasi kayak yoghurt itu bisa mencegah maag? Di dalamnya ada bakteri baik dan bisa nyembuhin maag. Cobalah minum yoghurt seminggu tiga kali. Sebagai gantinya, bisa juga mengonsumsi kefir atau kombucha. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"