5 Cara Meningkatkan Kualitas Sperma, Cowok Harus Tau!

5 Cara Meningkatkan Kualitas Sperma, Cowok Harus Tau!

Gimana sih caranya agar kualitas sperma bagus? Simak cara-cara ini, gengs.

Taukah kalian kalo menurut WHO (World Health Organization), jumlah sperma yang sehat adalah 15 juta per mililiter (ml) atau seenggaknya 39 juta per sampel. Sementara itu, jumlah yang kurang dari 10 juta per ml dianggap nggak normal. Kondisi ini berhubungan sama ketidaksuburan.

Lalu, gimana sih caranya ningkatin kualitas sperma. Tentunya kalian pengen punya kualitas sperma yang bagus. Apalagi, kalo kalian berencana punya anak nanti setelah menikah.

Melansir dari Medical News Today, berikut cara-cara yang bisa kalian lakuin.

1. Olahraga dan tidur

Olahraga (Medical News Today)

Beberapa penelitian nunjukin kalo olahraga bisa meningkatkan jumlah sperma. Ada penelitian pada 2017 yang membuktikan kalo olahraga aerobik selama 16 minggu paling nggak 50 menit bisa meningkatkan jumlah volume sperma pada 45 pria yang mengalami obesitas.

Nah, coba deh sekarang kalian mulai berolahraga. Nggak harus ke gym kok, bisa dengan jogging atau senam.

Olahraga juga harus kalian imbangi dengan tidur yang cukup. Ini bakal bikin stamina tubuh kalian meningkat.

2. Kurangi stres

Selain olahraga, cobalah kurangi stres juga. Untuk ngurangin stres, kalian perlu tau apa penyebab stresnya. Kalian juga bisa coba dengan meditasi untuk menenangkan pikiran.

3. Berhenti merokok

Merokok (npr.org)

Dalam penelitian 2016, ada sekitar 20 penelitian berbeda dengan 6000 partisipan yang menyebutkan kalo merokok bisa ngurangin jumlah sperma. Nah, kalian perlu coba juga ngurangin merokok, atau malah berhenti total. Seperti kita tau, banyak banget efek negatif dari rokok.

4. Jauhi obat-obatan tertentu

Beberapa obat tertentu bisa ngurangin produksi sperma. Tapi abis berhenti minum obat itu, jumlah spermanya bisa kembali ke normal.

Obat-obat yang bisa ngurangin sperma itu misalnya antibiotik, anti-androgen, anti-inflamasi, methadone, corticosteroids, anabolic steroids, exogenous testosterone.

5. Konsumsi vitamin D dan kalsium yang cukup

Vitamin D dan kalsium (aboutkidshealth.ca)

Vitamin D dan kalsium bisa bantu ningkatin kesehatan sperma. Beberapa penelitian nunjukin kalo pola makan dengan vitamin D sedikit berhubungan sama jumlah sperma yang rendah.

Itulah beberapa cara-cara buat ningkatin jumlah sperma kalian. Yang penting selalu lakukan pola hidup yang sehat ya, gengs!

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"