5 Cara Melatih Otak Untuk Meningkatkan Kesehatan Secara menyeluruh

5 Cara Melatih Otak Untuk Meningkatkan Kesehatan Secara menyeluruh

Sebagai salah satu organ terpenting, otak membutuhkan latihan, perhatian, dan stimulasi seperti halnya bagian tubuh lainnya agar tetap sehat dan berfungsi secara optimal.

Melatih otak meningkatkan jaringan ikat di antara sel-sel otak, membantunya berfungsi lebih efisien. Dikenal sebagai neuroplastisitas, fenomena ini adalah cara otak mengembangkan kapasitasnya.

Ilustrasi otak manusia (undark.org)

Menantang otak secara teratur dapat membantu mengatasi penurunan fungsi kognitif, dan memaksa otak untuk bekerja lebih keras dapat meningkatkan daya ingat. Dikutip dari Femina.id berikut ini cara latihan otak untuk meningkatkan kesehatan.

Mempelajari keterampilan baru

Mempelajari keterampilan baru bisa meningkatkan fungsi memori dan juga memperkuat koneksi di otak. Pelajari apa aja yag kamu suka. Misalnya main alat musik, gambar, teknologi dan sebagainya.

Belajar bahasa

Menjadi bilingual atau multibahasa udah terbukti punya manfaat kognitif seperti daya ingat, kreativitas, dan keterampilan visual-spasial yang lebih baik. Itu juga dikatakan untuk menunda penurunan kognitif terkait usia.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"