4 Makanan Yang Bisa Bikin Asam Urat Kambuh

4 Makanan Yang Bisa Bikin Asam Urat Kambuh

Penyakit asam urat merupakan kondisi yang bisa menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian. Rasa sakit yang dialami pengidap asam urat dapat berlangsung selama rentang waktu 3-10 hari, dengan perkembangan gejala yang begitu cepat dalam beberapa jam pertama. Sering kali orang salah kaprah dan menyamakan penyakit asam urat dengan rematik. Padahal, rematik adalah istilah yang menggambarkan rasa sakit pada persendian atau otot yang mengalami peradangan.

Menurut National Institute of Health, asam urat adalah bentuk radang sendi yang berasal dari penumpukan asam urat dalam tubuh. Penumpukan itu menyebabkan pembentukan 'kristal' asam urat kecil di persendian, yang merupakan sumber rasa sakit.

Penyakit asam urat bisa terjadi karena pengaruh dari makanan atau minuman yang dikonsumsi. Ada beberapa makanan penyebab asam urat yang mungkin kerap kali dikonsumsi, misalnya seperti jeroan dan daging merah. Apa saja sih makanan yang bisa menjadi penyebab asam urat? Berikut daftarnya.

1. Seafood atau Makanan laut

https://www.klikdokter.com/

Dikutip dari Mayo Clinic, beberapa jenis seafood yang sebaiknya dihindari seperti lobster, udang, sarden, ikan teri, ikan tuna, kerang, dan mackerel.

2. Daging Merah

 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"