3 Tips Mengolah Bunga Telang untuk Mendapatkan Hasil yang Maksimal

3 Tips Mengolah Bunga Telang untuk Mendapatkan Hasil yang Maksimal

Bunga telang  yang juga dikenal sebagai bunga kembang telang atau kembang teleng, memiliki banyak manfaat dan dapat digunakan dalam berbagai cara. Agar manfaat dalam bunga telang bisa keluar dan dirasakan dengan baik, ada cara dan tips mengolah bunga telang yang tidak boleh sembarangan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu pertimbangkan ketika mengolah bunga telang:

1. Proses Sebelum Diolah

Pastikan untuk memilih bunga telang yang segar dan bersih. Pilih bunga dengan warna yang cerah dan tunas yang belum terlalu mekar untuk hasil terbaik. Setelah terpilih bunga telang yang baik kualitasnya, cucilah bunga telang dengan hati-hati untuk menghilangkan kotoran atau residu yang mungkin menempel. Gunakan air bersih dan rendam bunga selama beberapa menit sebelum dibilas.

2. Gunakan Langsung atau Dikeringkan

Tips Mengolah Bunga Telang (via Parapuan)

Kamu dapat menggunakan bunga telang secara utuh atau mengeringkannya terlebih dahulu. Jika dikeringkan, ada 2 cara pengeringan yang bisa dilakukan, yaitu pengeringan secara alami atau menggunakan oven.

a. Pengeringan Alami Dengan Sinar Matahari

Setelah telang dibersihkan dan ditiriskan, tata bunga telang saling berjauhan antara satu dengan yang lain di atas alas untuk menjemur. Pastikan untuk memberi jarak yang cukup antara satu bunga dengan bunga lainnya agar tidak ada penumpukan yang bisa menyebabkan timbulnya jamur di antara bunga. 

Biarkan bunga telang terpapar langsung di bawah sinar matahari selama dua hari. Untuk hasil maksimal, sebaiknya mulai proses penjemuran pada pagi sampai tengah hari dan hindari penjemuran saat cuaca mendung. Setelah mengering dengan baik, segera simpan bunga telang dalam wadah kedap udara. Alangkah baiknya, konsumsilah bunga ini sesegera mungkin dan hindari menyimpannya terlalu lama.

b. Pengeringan Menggunakan Oven



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"