3 Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi, yang Punya Adik Wajib Tau

3 Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi, yang Punya Adik Wajib Tau

Punya adik bayi? Sebaiknya ketahui cara mengeluarkan dahak pada bayi yang berguna pas adik sakit.

Saat flu, kadang kita merasakan hidung yang mampet dan batuk berdahak. Nggak cuma orang dewasa aja, bayi juga bisa mengalaminya.

Tapi, kalian harus tau kalo bayi nggak bisa mengeluarkan lendir sendiri dengan mudah. Soalnya, dinding dada mereka belum sepenuhnya berkembang dengan sempurna.

Bayi butuh sedikit bantuan orang dewasa buat ngeluarin dahak dari saluran pernapasan. Dengan gitu, bayi jadi mudah bernapas dan nggak kena peradangan. Berikut beberapa cara untuk mengeluarkan dahak pada bayi.

1. Nepuk punggung bayi pelan

1. Nepuk punggung bayi pelan nepuk punggung bayi (kidspot.com.au)

Untuk mengeluarkan dahak pada bayi baru lahir, cara ini harus dilakukan dengan hati-hati. Tempatkan si kecil dalam posisi tengkurap. Lalu, tepuk punggungnya pelan-pelan.

Setelah itu, posisikan bayi ke posisi miring, boleh ke sebelah kiri atau kanan. Abis itu, tepuk pelan bagian dada samping bayi. Lendir akan dimuntahkan anak jika berhasil.

2. Uap air panas

2. Uap air panas uap air panas (yourdictionary.com)

Uap air panas akan bekerja seperti metode penguapan dengan nebulizer. Tapi uap air panas lebih alami dan nggak pakai obat kimia. 

Caranya, sediakan baskom dengan air hangat, bisa dicampur dengan beberapa tetes minyak kayu putih atau nggak. Tempatkan baskom di dekat bayi jadi dia bisa menghirup uap yang dihasilkan air hangat di baskom.

Setelah itu, bisa tepuk punggung bayi perlahan dengan posisi tidur miring atau tengkurap agar dahak bisa keluar.

3. Jemur di bawah matahari

3. Jemur di bawah matahari berjemur (healthtalk.unchealthcare.org)

Waktu saluran pernapasan nggak lancar karena dahak, bawa bayi berjemur. Sinar hangat matahari pagi itu sehat buat pernapasan dan tulang bayi. Kehangatan matahari bakal diserap tubuh si Kecil sekaligus mengencerkan dahak.

Kalian bisa jemur bayi di bawah sinar matahari sekitar jam 7-8 pagi selama 10 menit.

Olesin minyak telon pada dada dan punggungnya. terus tengkurapkan bayi di pangkuan. Posisinya, kepala sedikit lebih rendah dari tubuhnya agar dahak yang encer bisa turun keluar dari tenggorokan.

Tepuk-tepuk punggung bayi dengan lembut juga. Dahak yang nggak keluar leway tenggorokan, biasanya bakal tertelan dan dikeluarkan bersama feses dan urin.

Itulah beberapa cara mengeluarkan dahak pada bayi. Semoga dahak bisa keluar dan pernapasan bayi kembali lancar, ya!

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"