14 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh yang Belum Banyak Diketahui Orang

14 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh yang Belum Banyak Diketahui Orang

Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang digunakan untuk masakan di negara-negara Asia. Tanaman rempah yang termasuk dalam kelompok jahe-jahean ini juga bisa menjadi pewarna kuning alami pada makanan seperti gulai, opor, nasi kuning, dan lain-lain.

Selain digunakan sebagai bumbu pada makanan, kunyit ternyata juga memiliki berbagai manfaat lho, gengs. Zat aktif kurkumin yang terdapat pada kunyit memiliki berbagai manfaaat bagi kesehatan.

Nah, simak manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh yang belum banyak diketahui Orang ini, yuk!

1. Meningkatkan antioksidan di tubuh

Zat aktif kurkumin pada kunyit merupakan antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas dengan caramenetralisirnya. Selain itu, kurkumin juga merangsang mekanisme antioksidan dalam tubuh.

2. Meredakan peradangan

Zat aktif kurkumin memiliki efek antiradang yang cukup kuat. Bahkan zat ini juga efektif digunakan pada beberapa obat peradangan dan tidak memberikan efek samping.

3. Meredakan depresi

Para ilmuwan menyebutkan bahwa kunyit berpotensi meredakan depresi dan membantu antidepresan (golongan obat untuk mengobati depresi) bekerja lebih baik.

4. Mencegah dan mengobati diabetes

Zat aktif kurkumin dapat membantu melawan peradangan dan menjaga kestabilan kadar gula darah sehingga dapat mencegah atau mengobati diabetes tipe 2.

14 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh (KlikDokter)

5. Mencegah infeksi virus

Kunyit dapat membantu melawan berbagai virus, termasuk herpes dan flu.

6. Meringankan gejala PMS

Berdasarkan sebuah penelitian, suplemen yang mengandung kurkumin bisa membantu meringankan gejala nyeri haid atau premenstrual syndrome (PMS).

Kandungan kurkumin pada kunyit memiliki efek pereda nyeri alami yang bekerja dengan melemaskan kontraksi rahim penyebab perut kram.

7. Mencegah dan mengobati penyakit Alzheimer

Kunyit mengurangi peradangan dan kerusakan oksidatif, yang menurut peneliti berperan dalam perkembangan penyakit. Karena itu, mengonsumsi kunyit dapat membantu mencegah timbulnya Alzheimer.

Kurkumin juga membantu membersihkan plak amiloid, faktor kunci dalam perkembangan penyakit.

8. Menjaga kesehatan kulit

Kunyit juga bermanfaat untuk perawatan kulit Kamu lho gengs, termasuk mempercepat penyembuhan luka dan menenangkan pori-pori untuk membantu mengurangi jerawat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"