12 Camilan Sehat dan Lezat untuk Kamu yang Sedang Diet

12 Camilan Sehat dan Lezat untuk Kamu yang Sedang Diet

Mengonsumsi camilan sehat bisa jadi bagian dari pola hidup sehat secara keseluruhan yang membantu kita menyukseskan diet yang sedang dijalani.

Meskipun sedang diet, bukan berarti kita harus menyingkirkan camilan sepenuhnya, lho. Ada banyak camilan sehat yang bisa tetap kita konsumsi, yang tentunya tetap lezat untuk dinikmati.

Lalu, camilan sehat itu yang kaya gimana, sih? 

For your information, nih, memilih makanan sehat adalah salah satu langkah untuk sukses menjalankan diet sehat, lho.

Menurut Medical News Today, secara umum, makanan yang tinggi serat atau protein cenderung lebih mengenyangkan. Artinya, ketika makan makanan tersebut kita akan lebih cepat kenyang dan makan lebih sedikit sehingga terhindar dari kebiasaan makan berlebih.

Pertimbangan lainnya adalah memilih makanan rendah kalori dan padat nutrisi. Lagi-lagi, hal ini juga membuat kita lebih cepat kenyang, makan lebih sedikit, dan terhindar dari kebiasaan makan berlebih.

Beberapa makanan juga membantu meningkatkan metabolisme dan energi tubuh. Energi yang lebih tinggi akan membantu kita membakar lebih banyak kalori, sementara metabolisme tubuh yang lebih tinggi akan membantu tubuh kita lebih efisien dalam memproses makanan.

Beberapa jenis makan yang konsumsinya perlu dihindari atau dibatasi antara lain:

- Makanan tinggi garam

- Makanan tinggi gula

- Makanan tinggi lemak jenuh

- Sumber karbohidrat sederhana

- Makanan yang minim proses adalah pilihan yang baik, termasuk jika sedang memilih camilan sehat. Sebab, banyak jenis camilan yang tinggi gula, garam, atau keduanya.

Mengonsumsi camilan sehat di antara waktu makan bisa membantu menurunkan berat badan lebih cepat. Selain itu, makan camilan sehat juga membantu kita mencegah perilaku makan berlebih karena mendapatkan vitamin, serat, dan protein dalam jumlah cukup.

Beberapa jenis camilan sehat yang baik dikonsumsi bagi orang yang sedang diet antara lain:

1. Kacang-kacangan

Menurut Healthgrades, kacang adalah salah satu camilan sehat karena kaya akan nutrisi dan membantu kita menekan keinginan ngemil makanan tinggi garam. Kacang juga dapat membantu kita merasa kenyang sebelum waktu makan selanjutnya.

Beberapa kacang yang bisa dijadikan camilan sehat seperti almond, kenari, dan kacang-kacangan lain yang tinggi protein dan serat.

Selain membantu kita untuk merasa kenyang, kacang juga merupakan camilan sehat karena membantu menyehatkan jantung dan rendah kalori. Kacang bisa dinikmati begitu saja atau dipadukan dengan menu lainnya. Pastikan kacang untuk camilan sehat tidak mengandung garam tinggi, ya.

Camilan Sehat dan Lezat untuk Kamu yang Sedang Diet (KlikDokter)

2. Telur rebus

Telur rebus juga bisa jadi camilan sehat yang praktis dan tinggi protein. Mengonsumsi telur rebus sebagai camilan sehat bisa membantu kita kenyang lebih lama sehingga lebih mungkin terhindar dari perilaku makan berlebih.

Telur rebus bisa dinikmati sendiri atau bersama dengan bahan makanan lain, seperti alpukat atau dipotong dan disajikan bersama salad.

3. Yogurt organik

Jika menginginkan camilan sehat yang rasanya manis, yogurt organik bisa menjadi pilihan. Pilihlah yogurt berkualitas tinggi dan tidak berasa.

Yogurt dengan rasa yang sudah diberi pemanis bisa mengandung hingga 20 gram gula per saji daan itu tidak dianjurkan karena rasa manis sebetulnya bisa kita tambahkan sendiri.

Untuk memberi rasa manis pada yogurt, pilihlah pemanis alami dari buah-buahan seperti blueberry atau stroberi segar, atau bahkan madu. Untuk menambah rasa sekaligus menambah asupan protein, kita juga bisa menambahkan taburan kacang sebagai topping.

4. Popcorn

Jika sangat menginginkan camilan asin, popcorn bisa menjadi pilihan. Popcorn tak hanya merupakan camilan gandum yang mengenyangkan, tetapi juga memberikan sedikit serat yang baik bagi pencernaan dan rendah kalori.

Namun, untuk menjadikan popcorn camilan sehat, pastikan menghindari terlalu banyak garam dan gula. Kita bisa menggantinya dengan taburan bumbu herbal, cabai, atau keju.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"