10 Kebiasaan Ini Bisa Membuat Tubuh Perempuan Sehat, Bugar, dan Bebas Insecure, Yuk, Lakuin!

10 Kebiasaan Ini Bisa Membuat Tubuh Perempuan Sehat, Bugar, dan Bebas Insecure, Yuk, Lakuin!

Sehat, bugar, dan bahagia tentu menjadi harapan semua orang tak terkecuali para perempuan. Namun terkadang membuat tubuh lebih baik justru menyiksa, misalnya saja diet ketat hingga olahraga berlebihan. Padahal, membuat tubuh sehat dan bugar tidak perlu menyiksa diri, lhi Ladies. Menjadi bugar bukanlah sekadar angka dalam skala atau cuma teropsesi punya perut six-pack. 

Kamu nggak perlu ngoyo. Sebab, memiliki tubuh yang sehat dan bugar bisa dilakukan dengan perlahan, konsisten, dan menyesuaikan kondisi tubuh.

Nah, berikut ini kebiasaan yang harus dimiliki perempuan agar selalu bugar tanpa menyiksa diri:

1. Mencari kesenangan dalam berolahraga

Mungkin kamu pernah berpikir kalau perempuan yang selalu bugar melakukan olahgara terus menerus, tapi hal itu tidak benar. Kamu nggak harus melakukan olahraga secara berlebihan karena lebih penting untuk menemukan kegembiraan dalam berolahraga itu sendiri. 

Lalukan jenis olahraga apapun yang membuatmu bahagia. Tidak peduli bagaimana kamu melakukannya, yang terpenting adalah temukan kegembiraan dalam berolahraga dan bukan karena terpaksa.

2. Memikirkan apa yang harus dimakan daripada apa yang tidak boleh dimakan

Budaya diet yang belakangan ini makin marak, telah mengajarkan kita untuk fokus pada apa yang tidak boleh dimakan misalnya karbohidrat atau selalu mengonsumsi produk dengan label "tanpa tambahan gula". 

Alih-alih mencemaskan apa yang tidak boleh dimakan, perempuan yang selalu bugar menjadi bersemangat dengan fokus pada makanan apa yang bisa mereka makan seperti salad yang nikmat, hidangan vegetarian yang lezat, dan smoothie yang menyegarkan. Mereka juga sebenarnya tetap bisa menikmati es krim asal dengan porsi yang tidak berlebihanan.

3. Selalu aktif

Perempuan yang selalu bugar tidak membatasi aktivitasnya pada waktu tertentu misal sesi latihan 60 menit atau waktu di gym. Namun sebaliknya, menjalani gaya hidup yang lebih aktif secara keseluruhan adalah prinsip mereka. Lebih banyak bergerak dan lebih sedikit duduk tentu lebih sehat. 

Coba lebih banyak bergerak. Bahkan jika harus seharian bekerja di depan laptop, ada banyak cara untuk menyesuaikan lebih banyak gerakan ke dalam harimu, lho. Misalnya, lebih sering jalan-jalan di sekitar, berdiri saat bekerja, mengambil air minum di dapur, dan lain sebagainya.

Ilustrasi Perempuan Sehat, Bugar, dan Bebas Insecure (Shutterstock)

4. Istirahat

Kalau kamu punya anggapan untuk tetap bugar hanya tentang seberapa banyak berolahraga, pikirkan lagi deh! Kunci kesehatan adalah keseimbangan, bukan kesempurnaan. Tubuh membutuhkan pemulihan seperti halnya membutuhkan gerakan, jadi manfaatkan waktu istirahat.  

Memprioritaskan tidur dan waktu bersantai adalah salah satu hal terpenting yang dapat dilakukan untuk tubuh. Detoksifikasi rutinitas tidur dengan mengikuti jadwal, lakukan rutinitas malam yang santai, dan sempurnakan lingkungan tidurmu. 

5. Tidak pernah terlalu lapar atau terlalu kenyang 

Diet yang salah selalu mengajarkan kita untuk makan sesedikit mungkin, padahal untuk menjadi sehat dan bugar kita harus tahu bahwa tubuh kita tidak boleh kekurangan nutrisi atau lapar sampai pada titik di mana kita merasa lemah atau "kelaparan". Merasa terlalu lapar membuat kita tidak fokus dan berhenti memikirkan apa yang dibutuhkan tubuh sehingga membuat pilihan berdasarkan apa yang ingin kita nikmati. Misal makan berlebih agar kenyang.

Untuk menghindarinya, bawalah camilan bergizi setiap saat sehingga jika terjadi rasa lapar, kamu bisa langsung mengonsumsinya. Kamu juga bisa mencoba untuk mengunyah makanan lebih lambat sehingga sadar seberapa banyak kamu makan.

6. Mendengarkan kebutuhan tubuh daripada sekadar ikut-ikutan tren diet

Diet yang sebenarnya adalah mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Sebab, cara itulah yang akan membantu tubuhmu menjadi bugar. Faktanya, banyak orang yang masih salah mengartikan diet itu sendiri. Kebanyakan dari mereka melakukan diet dan tidak melanjutkannya dalam jangka yang lebih panjang. 

Agar tubuh tetap bugar, kamu harus tahu makanan mana yang membuat tubuh terasa enak dan mana yang membuat tubuh terasa lesu atau sakit.  Rahasia menjadi sehat dan bugar adalah berasal dari dalam, bukan dari sumber eksternal seperti diet kekinian. Tubuhmu sudah tahu apa yang dibutuhkan untuk menjadi sehat dan kamu hanya perlu mendengarkannya. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"