Tengok Ritual dan Upacara Adat yang Unik Milik Suku Bangsa di Beberapa Negara

Tengok Ritual dan Upacara Adat yang Unik Milik Suku Bangsa di Beberapa Negara

Untuk memperingati suatu hal yang spesial, masyarakat adat biasanya memiliki upacara adat atau ritual tradisional tertentu. Hal ini biasanya menjadi bagian dalam tradisi dan kehidupan mereka sehari-hari.

Beberapa ritual dan upacara adat mungkin akan terlihat unik bagi masyarakat luar. Meski bagi mereka hal tersebut tetaplah sakral. Yuk kita tengok di masyarakat dan tradisi mana saja yang memiliki kebiasaan yang unik gengs.

1. Menato badan suku Kalinga di Filipina

1. Menato badan suku Kalinga di Filipina Ritual dan kebiasaan unik masyarakat adat di dunia (pinterest.com)

Jika Indonesia memiliki tradisi tato suku Mentawai dan Dayak, Filipina ternyata juga ada yang diwakilkan oleh suku Kalinga. Secara tradisonal, tato merek dibuat dengan mengukir gambar dengan tinta yang terbuat dari gula dan jelaga. 

Bagi masyarakat Kalinga, tato memiliki konotasi sosial daripada sekedar ikatan personal seperti tato modern. Laki-laki dan perempuan yang sudah menginjak dewasa, harus memiliki tato tersebut sebagai simbol kedewasaan.

2. Menari bersama jenazah di Madagaskar

2. Menari bersama jenazah di Madagaskar Ritual dan kebiasaan unik masyarakat adat di dunia (rijasolo.com)

Masyarakat suku adat di Madagaskar memiliki sebuah upacara yang disebut dengan Famadihana. Ritual ini berupa penghormatan terhadap leluhur dengan mengganti kain suci pembungkus jenazah dengan yang baru. 

Setelah mengganti kainnya, keluarga jenazah lantas menari-nari dengan diiringi musik mengelilinginya. Tradisi turun-temurun ini biasanya dilakukan pada Juni hingga September.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"