Taman laut terkenal di Sulawesi Utara ialah Bunaken yang sudah terkenal akan keindahan dan keasriannya.

Taman laut terkenal di Sulawesi Utara ialah Bunaken. Bunaken merupakan salah satu keindahan taman laut yang dimiliki Indonesia khususnya di Manado. 

Bunaken memang sudah terkenal dan memiliki beragam ikan warna-warni dan terumbu karang. Ada sekitar 13 jenis terumbu karang dan 91 jenis ikan yang ada di Bunaken.

Setelah Raja Ampat, Taman laut terkenal di Sulawesi Utara ialah Bunaken. Karena memiliki taman bawah laut yang begitu indah.

Biota laut yang sangat menawan (exploremanado.com)

Ada beberapa spesies fauna laut yang bisa kamu temui, seperti ikan kuda gusmini lokal (hippocampus), lolosi ekor kuning (Luthanus Kamsira), koi putih (Seriola rivoliana), nila gasi (Scolopsis bilineatus), goropa (Spilotocepsep). Selain itu, ada juga spesise moluska, seperti ikan kepala kamping (Cassis cornuta), kima raksasa (Tridacna gigas), tunikates atau askidian. Dengan total ada 20 titik penyelaman di Taman Laut Bunaken.

Pesona keindahan taman laut Bunaken (malangtoday.net)

Buat kamu yang baru kali pertamanya tahu taman laut terkenal di Sulawesi Utara ialah Bunaken. Selain bisa menikmati pemandangannya, kamu juga bisa snorkeling ataupun diving. Untuk visitabilitas airnya, mencapai 20 hingga 40 meter. Dan tanpa diving pun, kamu bisa melihat keindahan biota laut Bunaken.

Nah, buat kamu yang tertarik untuk diving ataupun snorkeling. Kamu bisa melewati perjalanan darat sekitar 40 menit menuju Mando dari pusat kota. Lalu kamu akan menaiki kapal feri menuju Bunaken yang berangkat tiap hari. 

Perlu dicatat, bahwa waktu terbaik untuk berkunjung ke Bunaken adalah di bulan Mei hingga Agustus. Sekali kamu datang ke Bunaken, maka rasanya ingin balik lagi. Jangan lupa berswafoto dengan kamera terbaikmu untuk mengabadikan momen di Bunaken yaa....

Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna



Facebook Conversations