Sudah Berdiri Ratusan Tahun, Ini 6 Masjid Kuno di Indonesia yang Jadi Tempat Wisata Religi

Sudah Berdiri Ratusan Tahun, Ini 6 Masjid Kuno di Indonesia yang Jadi Tempat Wisata Religi

Penyebaran agama islam di Indonesia sudah dilakukan sejak ratusan tahun yang lalu. Maka dari itu, tidak heran kalau banyak masjid kuno di Indonesia yang sudah berusia ratusan tahun dan kini masih berdiri kokoh, bahkan menjadi tempat wisata religi.

Masjid-masjid kuno ini tidak hanya menjadi saksi bisu penyebaran islam di Indonesia. Tapi juga meyimpan sejarah yang berarti. Penasaran kan masjid apa saja yang usianya sudah ratusan tahun dan tetap berdiri kokoh hingga saat ini? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftarnya!

1. Masjid Sunan Ampel, Surabaya

1. Masjid Sunan Ampel, Surabaya Masjid Kuno di Indonesia (via Pinterest)

Masjid kuno yang pertama adalah Masjid Sunan Ampel yang berada di Surabaya. Masjid ini didirikan oleh Raden Achmad Rachmatulloh atau Sunan Ampel pada tahun 1421. Masjid tertua di Jawa Timur ini, memiliki gaya arsitektur Jawa Kuno dan Arab Islami.

Dari kisah yang tersebar di masyarakat, saat penjajah menyerang Surabaya dengan senjata berat dan menghancurkan kota Surabaya bangunan Masjid Sunan Ampel yang terbuat dari kayu jati tidak mengalami kerusakan sedikitpun. Bahkan lima gapura kuno di sekitar masjid yang melambangkan rukun islam juga tetap berdiri utuh.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"