Sejarah Angkringan Ternyata Asalnya Dari Daerah Ini Loh, Bukan Solo dan Jogja!

Sejarah Angkringan Ternyata Asalnya Dari Daerah Ini Loh, Bukan Solo dan Jogja!

Solo dan Jogjakarta terkenal dengan tempat makan yang sederhana. Cuma pakai gerobak dengan menu murah meriah. Andalan banget jadi tempat nongkrong mahasiswa sebelum kafe menjamur. Gak perlu habis banyak lah kalau makan nasi kucing angkringan.

Apa kalian udah pernah makan di angkringan gengs? tahu gak sih sejarah angkringan sampek jadi hits?

Sejarah Angkringan

Sejarah Angkringan Sejarah angkringan (picuki.com)

Dari dulu sampai sekarang menu angkringan masih sama, ada nasi kucing angkringan, aneka sate, gorengan dan minuman. Ada juga kacang dan jajanan pasar yang murah meriah. Orang bisa nongkrong sampek pagi di angkringan.

Ternyata meski terkenal di area Jawa Tengah terutama Yogyakarta, sejarah angkringan gak berasal dari kota wisata ini loh. Asal angkringan ternyata dari daerah Klaten, diprakarsai oleh  Eyang Karso Dikromo.

Beliau ini berasal dari Desa Ngerangan, Kecamatan Bayat. Hal itu dijelaskan oleh Gunadi dan Suwarna, founder Desa Cika Bakal Angkringan. Ternyata sejarah angkringan dari Klaten ya gengs? Gak nyangka kan?

Dari sejarah angkringan yang udah diulik nih, Eyang Karso atau biasa dipanggil Jukut, merantau ke Solo tahun 1930. Pas waktu itu usianya baru 15 tahun gengs. Dia mencari nafkah untuk menghidupi keluarga besar karena ayahnya udah meninggal.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"