Nasrani Jadi Golongan Minoritas, Seperti Apa Itu Tradisi Natal di India?

Nasrani Jadi Golongan Minoritas, Seperti Apa Itu Tradisi Natal di India?

Seperti apa itu tradisi Natal di India? Pertanyaan macam itu mungkin terlintas dalam benak kalian, mengingat negara tersebut mayoritas masyarakatnya memeluk agama Hindu. Walaupun perayaan keagamaan lain masih memungkinkan, namun selama ini tidak banyak kemeriahan yang terungkap saat momen 25 Desember tiba. 

Kaum Nasrani sendiri memang bisa dibilang minoritas di India, namun penganutnya tetap merayakannya dengan baik dari tahun ke tahun. Meski demikian, karena kondisinya berbeda dengan kawasan lain, kamu akan menemukan sedikit perbedaan di India. Seperti apa perayaannya? Simak ulasan berikut ini!

Kontroversi Penganut Kristen di India

Kontroversi Penganut Kristen di India Apa Itu Tradisi Natal di India (via Antara News)

Dilansir dari Wikipedia, jumlah penganut Kristen di India hanya mencapai 24 juta dari total 1,3 miliar penduduknya. Dengan kata lain, perayaan keagamaan yang berhubungan dengan umat Nasrani hanya dilakukan oleh 3% penduduk negara ini. Pada tahun 2022, 7% penduduk adalah pemeluk Hindu, sedangkan sisanya adalah penganut agama lain, yaitu Islam, Buddha, dan lain-lain.

Kondisi yang minoritas kadang memang tidak menguntungkan bagi umat Nasrani. Pada tahun 2017, kelompok kanan Hindu mewajibkan sekolah Kristen dan Katolik memasang logo Hindu. Sementara itu, pada tahun 2021 lalu, masih ada penganut Hindu garis keras malah melarang adanya perayaan Natal. Meski demikian, pada akhirnya pemerintah berhasil menengahi masalah tersebut sehingga Natal tetap bisa dilaksanakan dengan baik.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"