Mengenal Kota Surat, Kota Smart Metropolis di Jantung Gujarat India

Mengenal Kota Surat, Kota Smart Metropolis di Jantung Gujarat India

India memiliki sejumlah kota besar yang terkenal di dunia. Seperti New Delhi, Mumbai, Haiderabad, Bangalore, atau Kalkuta. Tetapi sangat jarang yang mengenal kota bernama Surat, meski kota tersebut tergolong kota metropolis.

Yang mengherankan adalah Kota Surat merupakan salah satu kota penting di wilayah Gujarat. Bagi yang dulu sempat belajar sejarah di SMA, pasti kerap mendengar wilayah tersebut. Kerajaan-kerajaan Nusantara kerap berhubungan dagang dengan gujarat.

Makanya kalau kalian nggak mengenal Kota Surat kok rasanya aneh. Padahal bisa saja moyang kita lebih tahu tentang mereka dan mungkin pernah mengunjunginya. Kalau begitu mari mengenal Kota Surat, apa saja yang istimewa di sana.

1. Kota Surat masuk dalam daftar smart city di India

1. Kota Surat masuk dalam daftar smart city di India Mengenal Kota Surat, pusat wilayah Gujarat India (buddybits.com)

Karena hal tersebut, tingkat pengangguran di kota Surat rendah bahkan hampir mendekati angka nol persen. Dibandingkan dengan kota lainnya, kota Surat juga memiliki pendapatan per kapita tertinggi di Gujarat. Bak Singapore, setiap sudut jalanan kota Surat dilengkapi dengan kamera CCTV yang digunakan sebagai pemantau lalu lintas, dan juga untuk meningkatkan keamanan.

2. Asal muasal berlian di seluruh dunia

2. Asal muasal berlian di seluruh dunia Mengenal Kota Surat, pusat wilayah Gujarat India (scoopwhoop.com)

Selama ini kita mengenal Kota Antwerp di Belgia sebagai pusat berlian dunia. Baru setelah itu ada kota Chicago, Amsterdam, Hongkong, London, hingga Tokyo. Tetapi tak banyak yang tahu, justru 90 persen berlian tersebut dipotong dan dipoles di Surat terlebih dahulu sebelum dibawa ke masing-masing kota di atas.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"