Kenapa sih Turki identik dengan kebab? Simak dulu nih fakta-fakta menariknya.

Pernah makan kebab dan berasa kayak lagi di Turki nggak? Ya belom tentu lah. Emang sebenernya nggak banyak orang yang tau gimana keindahan Turki dari seporsi kebab yang kalian makan. 

Tapi ... kenapa sih kebab tuh identik banget dengan Turki, begitu pula sebaliknya?

Kebab gengs, kenapa identik dengan Turki ya? (bbc.com)

Ya, Turki emang sebuah negara yang unik. Letaknya berada di antara benua Asia dan Eropa. Karenanya, percampuran budaya banyak terjadi di sana sejak lama. Termasuk di ranah kulinernya, seperti kebab yang bakal kita bahas di ulasan ini.

Soal Turki, kota yang katanya paling lekat dengan makanan kebab adalah Istanbul. Kota bersejarah di Turki ini disebut juga sebagai kota kebab. Kalo kalian berkunjung ke Istanbul, kalian bisa tuh menjajal semua varian kebab. Soalnya, masing-masing daerah di negara itu punya kebab dengan style-nya masing-masing.

Di Istanbul, kita bisa menemukan banyak tukak kebab gengs (shutterstock.com)

"Kita dapat mengelilingi Istanbul hanya dengan makan kebab, dan (secara otomatis) telah merasakan setiap wilayah di Turki," kata Ansel Mullins, seorang penulis kuliner, seperti dikutip dari CNN.

Menurut Mullins, banyak orang-orang yang datang ke Istanbul dari berbagai penjuru Turki. "(Mereka) didorong alasan ekonomi, atau untuk menghindari tempat bahaya pada dekade sebelumnya," lanjut Mullins, yang juga pendiri Culinary Backstreet.

Ada banyak jenis kebab lho di kota Istanbul (theculturetrip.com)

Sejalan dengan itu, ada banyak sekali perbedaan makanan tradisional Turki di setiap daerah. Tak terkecuali kebab. Jika secara global kebab identik dengan makanan berisi daging, Turki punya cara sendiri untuk makanan khasnya tersebut.

Di Turki, kebab bisa disajikan bersama apa aja. Bisa ikan atau daging-dagingan lainnya yang dibakar langsung. Beberapa kebab yang terkenal dari Turki adalah 'doner kebab'. Secara harafiah, itu berarti 'kebab yang berputar'. 

Di samping itu, ada juga 'kebab shish'. Sementara di wilayah Distrik Fatih, ada juga tuh 'kebab buryan' yang isinya daging domba dan dimasak di atas bara api. Kebab buryan banyak digandrungi, apalagi yang bergaya 'siirt'.

Kebab buryan yang 'siirt style' begini banyak disukai orang gengs (culinarybackstreets.com)

Katanya nih, kebab buryan terbaik di seantero Turki bisa didapatkan di restoran lokal yang bernama Siirt Seref.

Lebih jauh, masih menurut Mullins, makanan tradisional seperti kebab adalah bukti nyata bahwa berbagai keluarga ang datang dari tempat jauh masih melestarikan budayanya. Makanya nggak heran deh kalo makanan ini bisa cepat populer di seluruh dunia.

Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna



Facebook Conversations