Inilah Neraka Es Bernama Oymyakon, Desa Paling Dingin di Dunia yang Berada di Siberia

Inilah Neraka Es Bernama Oymyakon, Desa Paling Dingin di Dunia yang Berada di Siberia

Kita yang hidup di kawasan tropis bakal seneng deh bisa tinggal di sebuah desa yang sejuk. Apalagi kalo di negara-negara di belahan utara Bumi. Di Eropa atau Amerika misalnya.

Di Swiss, banyak tuh desa-desa yang indah. Cuacanya sejuk, ada padang rumput hijau, ada danau dan udara yang bersih. Sehat banget deh kayaknya.

Tapi plis ... jangan coba-coba kamu berkunjung ke desa terdingin di dunia ini. Desa itu adalah Desa Oymyakon yang terletak di Siberia, Rusia.

Desa Oymyakon di Siberia, Rusia (wikipedia.org)

Bulu mata kamu bisa membeku karena dingin banget (boredpanda.com)

Kamu sebaiknya gak usah ke sini sama sekali kalo belom pernah ngerasain gimana menyedihkannya musim dingin yang buruk. Soalnya suhu di Oymyakon tuh kayak neraka es, dingin parah! 

Kamu bakal kesulitan beradaptasi atau melawan kondisi cuaca super ekstrem di sana. Awal Januari 2018 lalu, suhu di Desa Oymyakon mencapai -88 derajat Fahrenheit. Suhu itu setara dengan -67 derajat Celcius gengs, yang lebih dingin dari freezer kulkas di rumah.

Tapi di dalam kondisi cuaca seekstrem itu, desa terpencil di Siberia itu tetep ada penduduknya juga. Tercatat ada 500 penduduk desa yang mendapat predikat desa terdingin di dunia.

Saking dinginnya Desa Oymyakon, bulu mata seseorang bisa membeku. Tubuh manusia juga rentan banget sakit. Bahkan desa ini bisa dilanda gelap gulita tanpa matahari selama 21 jam setiap harinya selama musim dingin!



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"