Disebut Surga Tersembunyi, Ini 3 Fakta Unik Kali Biru di Raja Ampat

Disebut Surga Tersembunyi, Ini 3 Fakta Unik Kali Biru di Raja Ampat

Semua pasti tahu kalau Raja Ampat memiliki pesona keindahan alam yang luar biasa, salah satunya adalah Kali Biru di Raja Ampat. Di balik keindahannya, terdapat sejumlah fakta unik Kali Biru di Raja Ampat yang tidak semua orang mengetahuinya.

Sebagai informasi, Kali Biru yang terletak di Kampung Warsambin, Distrik Teluk Mayalibit, Raja Ampat. Lokasi ini dulunya memiliki warna air berwarna biru jernih dan merupakan tempat mandi para prajurit yang hendak pergi ke medan perang.

Dalam bahasa lokal, Kali Biru dikenal dengan sebutan Waiyal. Wai berarti air dan yal berarti tahu apa yang terjadi besok. Lantas, apa saja fakta unik yang ada di Kali Biru? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftarnya:

1. Memiliki Suhu Air yang Dingin

1. Memiliki Suhu Air yang Dingin Fakta Unik Kali Biru di Raja Ampat (via iNews)

Fakta unik pertama dari Kali Biru adalah suhu airnya yang dingin. Meski airnya terpapar sinar matahari cukup lama, namun suhu airnya tetap dingin yakni 10-20 derajat celcius. Hal ini terbukti ketika air sungai Kali Biru dimasukkan ke dalam botol, maka botol tersebut akan berembun seperti di dalam lemari es.

Tapi pada bagian muara sungai, suhu air Kali Biru terbagi menjadi dua bagian, yakni dingin dan hangat. Hal ini terjadi sebab sebagian sungai terpapar sinar matahari, sementara separuhnya lagi tertutupi pepohonan yang lebat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"