Cara Bikin Itinerary Biar Liburan Makin Seru

Cara Bikin Itinerary Biar Liburan Makin Seru

Ingin liburan kamu terencana dan jadi efektif? Yuk bikin itinerary alias rencana perjalanan yang seru.

Sebelum liburan, dari jauh-jauh hari kamu mestinya sudah menyusun itinerary alias rencana perjalanan. Dengan adanya jadwal, kamu bisa menjalankan berbagai kegiatan dengan efektif soalnya semua sudah tersusun. 

Boleh kok tetap fleksibel dan bereksplorasi kalau sudah ada di tempat tujuan. Namun, dengan adanya rencana, seengggaknya kalau bingung mau ke mana dan ngapain, sudah disusun kan agendanya.

Nah, kalau kamu berencana liburan sama teman, pacar atau keluarga, yuk ikutin tips bikin itinerary berikut ini.

(trumpexcel.com)

Pilih penginapan dan transportasi

Setelah menentukan tujuan liburan kali ini, kamu tinggak pilih penginapan. Pemilihannya bia disesuaikan dengan beberapa faktor, misalnya fasilitas, akses, lokasi, dan budget. Kalau sudah, cari tahu juga kendaraan di sana, apa sebaiknya naik transportasi umum atau malah lebih efisien kalau sewa kendaraan untuk berkeliling selama liburan. 

Cari info makanan

Langkah selanjutnya adalah mencari informasi soal makanan. Apa aja sih makanan yang khas dan wajib dicoba di tujuan liburan kamu. Setelah itu, cari tahu lokasinya di mana. Kemudian, cari lagi, ada apa sih di dekat tempat makan, siapa tahu ada tempat yang menarik, pusat belanja atau oleh-oleh, kedai kopi, atau misalnya tempat kongko-kongko. Jadi sekali jalan, kamu bisa dapat banyak pilihan tempat deh. 

(innovanza.co)

Tentukan destinasi wisata dan lokasinya

Seperti tempat makan, kamu juga bisa riset soal destinasi wisata yang seru untuk didatangi, mulai dari wisata alam, tempat belanja, wisata budaya dan sejarah, festival, pameran, dan tempat lain yang memang oke. Minta juga teman-temanmu untuk menyumbang ide. Jangan lupa, cari juga lokasinya biar kamu bisa menyesuaikan jadwal liburanmu. 

Urutkan

Kalau semua sudah terkumpul, mulailah mengurutkan agenda perjalananmu. Kamu bisa buat jadwal per hari, lengkap dengan waktunya. Ini bisa dimulai dari awal perjalanan sampai pulang. Seenggaknya, semua orang sudah harus tahu misalnya kapan harus kumpul di bandara. 

Nggak lupa tulis juga pilihan transportasi apa yang akan dipakai untuk bepergian ya. Urutkan juga tempat-tempat yang berdekatan, jadi kamu nggak buang waktu bolak-balik ke daerah yang sama dalam beberapa hari.

(pinterest.com)

Revisi

Nah, kalau itinerary sudah jadi, kamu bisa bagikan ke teman-teman seperjalanan. Minta pendapat mereka soal rencana perjalananmu, kalau ada yang nggak sesuai, tinggal ganti deh sesuai kesepakatan bersama. Kalau udah fix, jangan lupa print atau kirim ke teman-temanmu biar semua tahu jadwalnya ya.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"