Awas Meledak! Begini 3 Cara Aman Bawa Power Bank ke Kabin Pesawat

Awas Meledak! Begini 3 Cara Aman Bawa Power Bank ke Kabin Pesawat

Power bank adalah salah satu barang yang wajib dibawa saat traveling. Mengingat kegunaan yang penting untuk mengisi daya ponsel dalam perjalanan. Sayangnya, banyak orang yang belum tahu cara aman bawa power bank ke kabin pesawat, sehingga bisa membahayakan penumpang lainnya.

Mengutip Okezone, sebuah peristiwa meledaknya sebuah power bank terjadi dalam penerbangan Scoot dari Taiwan menuju Singapura pada Selasa, 10 Januari 2023 lalu. Ledakan ini terjadi sesaat sebelum pesawat lepas landas. Akibatnya dua orang mengalami luka-luka atas kejadian tersebut.

Insiden ini sebenarnya bukan yang pertama kali terjadi. Ada beberapa insiden serupa sebelumnya, sehingga banyak maskapai penerbangan melarang penumpang membawa power bank ke dalam bagasi dan kabin pesawat.

Sebenarnya ada beberapa peraturan yang harus ditaati ketika seseorang ingin membawa power bank atau baterai lithium cadangan ke dalam pesawat. Salah satunya adalah kapasitas power bank yang tidak lebih dari  20.000 mAh (100Wh).

Selain itu, hanya ada maksimal dua unit power bank tiap penumpang dengan kapasitas lebih dari 20.000 mAh (100Wh) tetapi tidak melebihi 32.000 mAh (160Wh) dalam satu pesawat.

Aturan lain menyebutkan diperbolehkan membawa power bank dalam penerbangan asal power bank dipastikan idak terhubung dengan perangkat elektronik lain. Lantas, bagaimana cara ama membawa power bank ke dalam kabin pesawat? Berikut ulasannya!

1. Letakkan power bank di tempat yang lebih sejuk

1. Letakkan power bank di tempat yang lebih sejuk Cara Aman Bawa Power Bank ke Kabin Pesawat (via Travel Kompas)

Pastikan kamu menempatkan perangkat di ruangan yang sejuk dan tidak memicu pemanasan. Menyimpan power bank di tempat yang sejuk tidak akan membuatnya meledak. Jadi simpan di tempat yang longgar, jangan sampai tertumpuk dengan barang yang lain.

 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"