5 Bagian Bungker Peninggalan Jepang di Padang yang Berdiri Sejak Perang Dunia II, Pernah ke Sini?

5 Bagian Bungker Peninggalan Jepang di Padang yang Berdiri Sejak Perang Dunia II, Pernah  ke  Sini?

Tahukah kamu bahwa ada beberapa bungker peninggalan Jepang di Padang? Sejarah menyebutkan bahwa Jepang menjajah Indonesia selama 3,5 tahun, sejak Januari 1942 hingga Agustus 1945. Maka tidak heran kalau ada sejumlah bungker peninggalan Jepang di Padang, Sumatera Barat.

Bungker-bungker tersebut sudah ada sejak Perang Dunia II dimulai, ketika saat itu Jepang menduduki kota Padang, dan menjadi tempat pertahanan tentara Jepang saat itu. Maka dari itu, tidak heran jika bungker peninggalan Jepang ini berada di atas ketinggian dan tersebar di berbagai tempat di kota Padang.

Seperti apa yang suasana markas perlindungan Jepang di Padang saat ini? Kalau kamu penasaran, mana saja bungker peninggalan Jepang yang tersebar di kota Padang. Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini datanya.

1. Bungker Jepang Padang Besi I

1. Bungker Jepang Padang Besi I Bungker Peninggalan Jepang di Padang (via DISBUDPAR Sumut)

Bungker peninggalan Jepang di Padang yang pertama adalah Bungker Jepang Padang Besi I. Bangunan ini berada di Kawasan Padang Besi dan berbentuk menyerupai kotak persegi panjang, dan sebagian bangunannya masuk ke dalam tanah.

Bangunan ini berukuran 8 m x lebar 5,4 m dan tinggi 3,69 m. Bangunan ini memang dirancang untuk menahan serangan dan bom dari udara, yang saat itu memang rentan terjadi di zaman perang. Karena itu dindingnya memiliki ketebalan rata-rata 1 m.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"