Ternyata Kulit Kentang Punya Banyak Nutrisi, Begini Cara Mengolahnya

Ternyata Kulit Kentang Punya Banyak Nutrisi, Begini Cara Mengolahnya

Kulit kentang ternyata punya banyak kandungan vitamin dan mineral. Cara masakya juga gampang banget.

Kalau masak kentang kulitnya jangan dibuang gengs. Ternyata kulit kentang punya segudang nutrisi penting buat tubuh kamu. Sesuatu yang kelitannya remeh tapi menyimpan manfaat. Terus apa aja dong manfaatnya?

Kalium

Kalium yang ada pada kulit kentang, sangat baik untuk menjaga organ ginjal, jantung, sistem saraf, dan otot tubuh. Dengan mengonsumsi satu buah kentang beserta kulitnya, maka sudah bisa memenuhi setengah dari kebutuhan kalium per hari.

Tuh kan, gak perlu dikupas.

kentang utuh (forksoverknives.com)

Serat

Kandungan serat pada kulit kentang adalah sekitar 2 gram per ons. Serat ini bermanfaat untuk membuat kenyang lebih lama dan bisa melancarkan pencernaan. Bagus banget buat kamu yang unya salah pencernaan kayak susah buang air besar.

Sumber Vitamin C

Nutrisi kulit kentang (123rf.com)

Kulit kentang juga mengandung vitamin C yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh kita dari penyakit. Vitamin C juga baik untuk kesehatan kulit.

Mangan

Pengolahan karbohidrat, kolesterol, dan protein di tubuh memerlukan zat mangan. Nah, zat ini ada di dalam kulit kentang. Dengan mengonsumsi kentang dan kulitnya, dapat memenuhi sepertiga kebutuhan mangan harian.

Sumber Alami Folat, Zinc dan Zat Besi

Kulit kentang juga mengandung folat, zinc dan zat besi yang berguna bagi kesehatan tubuh. Folat bermanfaat untuk mengajag kesehatan mata, zinc dapat membantu sistem pencernaan dan metabolisme tubuh, serta zat besi dapat membantu pembentukan hemoglobin.

Selain langsung dimakan bersama kentang, ka jugaisa bikin olahan kulit kentang. Dikup dari fimela.com, begini cara olahnya.

Camilan kulit kentang (food-hacks.wonderhowto.com)

Bahan:

  • 200 gr kupasan kulit kentang mentah bersih, rendam di dalam air agar tidak berubah warna
  • 2 sdm minyak
  • 1/2 sdt garam halus
  • 1/2 sdt lada bubuk

Cara membuat:

Panaskan oven hingga 180 derajat Celcius.

Angkat kulit kentang dari rendaman air, campur kulit kentang dengan garam dan lada bubuk

Siapkan loyang besar. Tata kulit kentang dan pisahkan satu per satu, jangan ada yang menumpuk.

Panggang kulit kentang selama 15-20 menit. Ketika tampak kering di menit ke-10, balik sesekali agar keringnya merata. Masukkan lagi untuk dipanggang.

Setelah dingin dan kering, simpan keripik kulit kentang di dalam wadah tertutup. Keripik kentang oven bisa dinikmati begitu saja atau dengan saus favorit.

Gampang banget kan? Unik lagi, camilan kulit kentang.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"