Sejarah Makanan Internasional: Mengenal Sup Miso Yang Rasanya Bikin Badan Hot~

Sejarah Makanan Internasional: Mengenal Sup Miso Yang Rasanya Bikin Badan Hot~

Miso? Tahukah kamu terkait jajanan miso? Miso sering banget terpampang direstoran-restoran bahakn di sepermarket gitu, namun, tahukah kamu apa itu miso?

Tahukah kamu... Miso berasal dari Cina yang meyebar sampai ke Jepang sebagai barang asing dan akhirnya disukai rakyat sana. 

Pada awalnya, itu disebut "pasta kedelai" seperti yang diperkenalkan di Jepang untuk pertama kalinya. 

Seiring berjalannya waktu, warga sipil Jepang telah meningkat dan berinovasi membuat"pasta kedelai" ini menjadi apa yang disebut "miso".

Sejarah makanan internasional miso

Sejarah makanan internasional miso miso (Epicurious.id)

Abad ke-8

Dahulu makanan ini dianggap sebagai makanan mewah di Jepang, dan itu hanya untuk keluarga bangsawan atau biarawan aja gengs.

Abad ke 12 hingga 16:

Kala itu, miso adalah bagian dari sumber makanan Samurai, dan dibuat menjadi basis sup untuk pertama kalinya. Secara bersamaan, itu tersedia untuk masyarakat umum. Dari sanalah mulai makanan ini digemari.

Abad 17 sampai saat ini:

Miso ini sudah menjadi makanan terkenal bagi masyarakat Jepang, dan permintaan telah meningkat pesat. Bahkan sampai keseluruh dunia, wow, kayak apa sih keenakan makanan ini?

Perbedaan

Miso datang dalam berbagai bentuk dari miso putih, miso merah, miso hitam, dan banyak lainnya. Warna miso tergantung pada waktu fermentasi, dan semakin lama proses fermentasi, semakin gelap akan terlihat. 

Di antara berbagai jenis miso, miso putih dan merah adalah yang paling umum digunakan dalam masyarakat Jepang. Miso putih digunakan sebagian besar di daerah Kansai, dan miso putih memiliki waktu fermentasi yang lebih pendek yaitu 3 bulan. 

Sebaliknya, miso merah memiliki waktu fermentasi yang lebih lama 3-6 bulan atau lebih, dan sebagian besar digunakan di daerah Kanto. Ada juga jenis miso umum lainnya, yang disebut "Awase", yang berarti campuran miso putih & merah secara bersamaan.

Miso (BBC.com)

Bahan & Pengembangan

Terbuat dari apa miso? Ini terdiri dari kedelai fermentasi, garam, dan Koji. Koji adalah salah satu ragi yang konsepnya hampir sama dengan ragi untuk roti. 

Selain itu, miso dapat dibuat tidak hanya dari kedelai, tetapi juga bisa dibuat dari nasi dan Barley juga gengs. 

Bentuk

Melalui kesempurnaan sup miso, perusahaan manufaktur Jepang telah membuatnya lebih simpel dan lebih mudah bagi masyarakat untuk menikmati sup miso. Ada dua jenis lho gengs.

Miso instan

Makanan ini memiliki semua bahan dalam paket itu sendiri seperti tahu, rumput laut dan hiasan lainnya. Sup miso bubuk instan adalah yang paling kamu lihat di supermarket, tetapi di sini ada jenis lain yang disebut "Sup miso kering beku". 

Jenis miso ini memiliki lebih banyak hiasan dan rasa yang lebih baik dibandingkan dengan bubuk. Namun biayanya relatif lebih tinggi, kecuali kamu berada di Jepang, ya murah disana.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"