Sejarah Coklat, dari Amerika Latin Hingga Dicintai Orang di Seluruh Dunia

Sejarah Coklat, dari Amerika Latin Hingga Dicintai Orang di Seluruh Dunia

Coklat adalah salah satu bahan makanan yang disukai begitu banyak orang di seluruh dunia. Tak hanya karena rasanya yang legit dan nikmat. Kandungan senyawa kimia dalam coklat juga terbukti bisa mempengaruhi tubuh dan otak sehingga membuat seseorang merasa bahagia.

Tak heran jika bahan makanan ini kemudian diolah menjadi berbagai macam jajanan. Dari mulai kue, es krim, permen, kukis, minuman, dan masih banyak lagi.

Nah, buat kamu para pecinta coklat, sudah tahu belum tentang sejarah dan dari mana asal tanaman coklat ini?

Kalau belum, yuk langsung aja kepoin sejarahnya di bawah ini!

Pohon Kakao (grosirbibittanaman.co.id)

# Dimulai di Amerika Latin

Sejarah 4.000 tahun cokelat dimulai di Mesoamerika kuno, yang sekarang adalah negara Meksiko. Di sinilah tanaman kakao pertama ditemukan. 

Olmec, salah satu peradaban paling awal di Amerika Latin, adalah yang pertama mengubah tanaman kakao menjadi coklat. Mereka meminum coklat mereka selama ritual dan menggunakannya sebagai obat.

Berabad-abad kemudian, bangsa Maya memuji cokelat sebagai minuman para dewa. Cokelat Maya adalah minuman yang diseduh yang terbuat dari biji kakao yang dipanggang dan digiling dicampur dengan cabai, air, dan tepung jagung. Maya menuangkan campuran ini dari satu pot ke pot lainnya, menciptakan minuman berbusa kental yang disebut "xocolatl", yang berarti "air pahit."



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"