Resep Masakan Serba Tempe yang Enak Banget dan Mudah Dibuat di Rumah

Resep Masakan Serba Tempe yang Enak Banget dan Mudah Dibuat di Rumah

Tempe emang nggak pernah bikin bosen. Kalau mau masak sendiri, ini resepnya buat kamu!

Tempe merupakan salah satu makanan yang populer di negara kita dan bisa ditemukan di mana-mana. Makanan ini dikenal karena harganya murah, tapi bergizi, rasanya enak, dan bisa diolah jadi berbagai jenis makanan. Jadi, meskipun selama seminggu tiap hari makan tempe, dijamin nggak akan bosan kalau olahannya beda-beda. 

Kalau kamu pencinta tempe dan pengen bikin masakan yang bervariasi, bisa contek resep di bawah ini ya.

Steak tempe

Steak tempe Tempe dijadiin steak nggak kalah enak sama daging (widiynews.com)

Bahan: 

  • 300 gr tempe, kukus
  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica
  • 1 sdt garam
  • 1 butir telur
  • tepung terigu serba guna 
  • air secukupnya

Bumbu saus:

  • 3 sdm saus cabai
  • 2 sdm saus tomat
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 buah bawang bombay, potong-potong

Cara membuat:

  • Hancurkan tempe pakai ulekan
  • Haluskan bumbu bawang, tambahkan merica dan garam, campur dengan tempe, aduk rata
  • Bentuk tempe menjadi bulat dan pilih, pokoknya menyerupai bentuk daging pada steak 
  • Kocok telur, lalu celupin tempe yang udah dibentuk
  • Masukin ke wadah berisi terigu serbaguna
  • Goreng sampai kecokelatan dan matang sempurna 
  • Untuk sausnya, tinggal tumis bawang bombay dan tomat, masukin saus, tambah sedikit air. Masak sampai matang, lalu tuang di atas steak tempe.

Tempe penyet

Tempe penyet Cocok buat yang suka makan tempe pakai sambal (tradisionalindonesiafood.blogspot.com)

Bahan: 

  • Tempe
  • Cabai rawit, banyaknya sesuai selera 
  • 3 siung bawang putih
  • 1 buah tomat
  • 5 siung bawang merah
  • 2 sdm terasi bakar
  • Garam 
  • Gula merah 
  • Gula putih 
  • 1/2 sdt air jeruk limau

Cara membuat tempe penyet:

  • Goreng tempe sampai matang, sisihkan sambil menunggu sambal selesai
  • Untuk sambal penyet, tumis  cabai, bawang, dan tomat
  • Tambahkan garam, gula, dan terasi
  • Kalau udah matang, langsung haluskan 
  • Sambal bisa langsung dipenyet di atas tempe dan siap disajikan

Tempe orek

Tempe orek Basic tapi selalu enak (ramadhanberbagi.com)

Bahan:

  • 300 gr tempe, potong dadu, goreng ½ matang
  • 3 siung bawang putih
  • 3 sdm kecap manis 
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • Kaldu ayam secukupnya
  • Gula pasir
  • Garam
  • 200 ml air putih matang
  • 3 sdm minyak

Cara Membuat:

  • Panaskan minyak, tumis bawang putih 
  • Masuk lengkuas dan daun salam 
  • Tambahkan tempe, kaldu ayam, gula, garam, kecap manis, dan air
  • Aduk semuanya sampai rata dan bumbu meresap
  • Jadi deh tempe orek kesayangan kita semua, tinggal makan pakai nasi panas

Tempe melet

Tempe melet Buat pencinta pedas nih (ammcobus)

Bahan tempe dan isian: 

  • Tempe, potong tebal-tebal, sayat tengahnya untuk dimasukin sambal
  • Cabai rawit merah 25 buah
  • Cabai merah keriting 10 buah
  • Bawang merah 5 siung
  • Bawang putih 1 siung
  • Terasi 1 sendok makan
  • Kencur secukupnya
  • Garam secukupnya

Bahan adonan terigu:

  • Tepung bumbu serbaguna 1 sachet
  • Tepung terigu 5 sendok makan
  • Ketumbar bubuk 1 sendok teh 
  • Kunyit bubuk 1/2 sendok teh 
  • Garam 
  • Kaldu ayam 
  • Margarin 1 sendok makan 
  • Daun bawang 
  • Air secukupnya

Cara membuat:

  • Untuk isian sambal, goreng semua cabai, bawang, terasi, kencur sampai setengah matang
  • Haluskan isian sambal, tambah garam secukupnya
  • Kalau udah halus, siram sambal dengan sedikit minyak panas bekas menggoreng tadi
  • Tempe yang udah dipotong dan disayat tengahnya, diberi isian sambal tadi
  • Kalau semua tempe udah diisi, sisihkan sementara kamu bikin adonan tepung
  • Masukin semua bahan adonan terigu, aduk rata
  • Masukin semua tempe yang udah diisi ke dalam adonan tepung sampai semua permukaannya ketutup tepung
  • Goreng sampai kecokelatan dan tempe melet siap disantap

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"