Resep Donat Kukus Siram yang Lagi Viral, Mudah Buatnya!

Resep Donat Kukus Siram yang Lagi Viral, Mudah Buatnya!

Donat merupakan salah satu makanan yang basicnya adalah roti goreng yang bisa dibilang disukai banyak masyarakat. Lubang di bagian tengah menjadi ciri khas dari makanan yang satu ini. Donat juga tidak membosankan karena memiliki banyak varian topping, seperti coklat, meses, keju, dan masih banyak lagi. 

Dan baru-baru ini kembali ada varian donat yang nggak itu-itu aja. Donat ini nggak digoreng, tidak ada bolongan, dan sausnya melimpah, lho. Penasaran seperti apa? Kamu bisa coba resep donat kukus siram yang sedang vral di bawah ini!

1. Siapkan bahan-bahan

Bahan-bahan yang diperlukan:

250 gr tepung terigu protein tinggi

30 gr margarin

45 gr gula pasir

140-150 ml air dingin

1/2 sendok teh garam

3/4 sendok teh ragi instan

27 gr susu bubuk

1/2 sendok teh baking powder

300 ml susu full cream

4 sendok makan gula

21 gr coklat bubuk

1 sendok makan maizena

50 gram DCC

Kacang tumbuk

2. Buat adonan donat 

Masukkan tepung terigu, gula pasir, ragi instan, baking powder, dan susu bubuk ke dalam sebuah wadah. Lalu aduk hingga rata. Setelah itu, uleni menggunakan mixer sambil tambahkan air sedikit demi sedikit. Jika sudah setengah kalis, tambahkan margarin dan garam. Kemudian uleni kembali hingga adonan menjadi kalis.

Resep Donat Kukus Siram yang Lagi Viral (IDN Times)

3. Bentuk adonan, lalu kukus 

Bagi adonan menjadi 18 bagian dengan berat sekitar 26-27 gram. Kemudian bulatkan seluruh adonan hingga mulus. Setelah itu, tutupi adonan dengan kain bersih agar tidak kering.

Siapkan wadah tahan panas, kemudian oleskan margarin di permukaannya. Lalu susun dengan rapi beberapa adonan donat ke dalam wadah. Jumlah adonan disesuaikan dengan ukuran wadahnya. Selanjutnya tekan perlahan bagian atas donat hingga bentuknya sedikit gepeng, kemudian tutup wadahnya. Lakukan hingga adonan habis. 

Biarkan adonan mengembang 2 kali lipat selama 30-60 menit. Setelah adonan mengembang, kukus adonan di api sedang agak kecil selama 10-15 menit.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"