Rekomendasi Masakan Khas Betawi yang Super Lezat, Wajib Cobain Nih!

Rekomendasi Masakan Khas Betawi yang Super Lezat, Wajib Cobain Nih!

Nggak kalah dari daerah lain, masakan Betawi juga wajib kamu cobain, gengs! Dijamin nggak menyesal.

Tinggal di Indonesia tuh menyenangkan banget soalnya setiap daerah punya makanan yang enak-enak banget. Jadi nggak akan ada bosen deh kalau soal makan. Setiap hari bisa ganti menu makanan yang khas dari Sabang sampai Merauke, itu pun belum tentu semuanya udah tamat dicobain saking banyaknya. Nah, salah satu suku di Indonesia yang punya menu masakan legendaris adalah Betawi. Udah pernah cobain makanan Betawi yang mana aja nih, gengs?

Soto Betawi

Soto Betawi Kelezatan di balik semangkuk soto (bisamasak.com)

Buat penggemar soto, wajib nih cobain menu satu ini. Semangkuk soto Betawi terdiri dari kuah campuran santan dan susu, lalu topping-nya bisa daging dan jeroan kayak hati, paru, usus, dan babat. Makannya bisa pakai nasi dan jangan lupa kuahnya ditambahkan sambal biar makin sedap.

Kerak telor

Kerak telor Seporsi kerak telor (pesona.travel)

Kalau menu yang satu ini bisa dibilang cemilan kali ya. Kerak telor terbuat dari beras ketan putih, telur ayam atau bebek, ebi yang disangrai kering sampai menjadi serundeng, lalu ditambah bawang goreng dan bumbu halus yang terdiri dari kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir. Enak banget sih ini dimakan waktu masih panas!

Semur jengkol

Semur jengkol Siapa suka jengkol nih? (caramembuat.id)

Menu semur jengkol emang terkenal enak banget kalau dibikin sama orang Betawi asli. Semur jengkol Betawi ini empuk banget dan nggak pahit karena bumbu semurnya benar-benar udah meresap. Paling enak makan semur jengkol pakai nasi panas. Yumm!

Nasi uduk

Nasi uduk Menggoda banget nih (cookpad.com)

Nah, nasi uduk sih udah terkenal banget dan mudah ditemukan di berbagai daerah. Tapi bisa jadi ada perbedaannya lho dengan nasi uduk asli Betawi yang autentik. Soalnya, nasi uduk Betawi dibikin dengan tambahan santan, daun salam, daun jeruk, laos, dan serai. Rasanya gurih dan enak banget. Untuk makananya, kamu bisa tambah lauk kayak ayam goreng, tahu tempe goreng dan sambal. Mantap!

Asinan Betawi

Asinan Betawi Segar ya kelihatanya (Tokopedia.com)

Cemilan lain yang nggak kalah enak adalah asinan. Biasanya seporsi asinan Betawi terdiri dari awi, kol, tauge, tahu putih dan selada yang ditaburi dengan kacang tanah goreng. Untuk kuahnya sendiri campuran bumbu kacang, cuka, dan cabai. Jangan lupa makan asinannya pakai kerupuk mie kuning biar makin lengkap.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"