Miris! Influencer Vegan 'Mati Kelaparan' Karena Diet Ekstrem, Gak Minum Air 6 Tahun Hingga Susah Berjalan

Miris! Influencer Vegan 'Mati Kelaparan' Karena Diet Ekstrem, Gak Minum Air 6 Tahun Hingga Susah Berjalan

Kabar duka datang dari Zhanna Samsonova. Influencer asal Rusia yang sering mempromosikan hidup sehat sebagai vegetarian ini dilaporkan meninggal dunia karena malnutrisi usai melakukan diet yang sangat ekstrem.

Influencer yang punya jutaan follower tersebut memang kerap memamerkan diet dengan konsumsi makan buah dan sayur mentah lewat media sosial. Namun ironisnya, gaya hidupnya itu justru yang merenggut nyawanya.

Sebelum meninggal dunia, Zhanna sedang berada di Malaysia dan tengah melakukan diet dengan hanya makan buah eksotis. Wanita 39 tahun itu memang sudah menjalani pola makan nabati mentah selama 10 tahun terakhir.

Di mana, wanita yang juga disapa Zhanna D’Art ini hanya mengonsumsi buah-buahan, kecambah biji bunga matahari, smoothie buah dan jus. Bahkan Zhanna Samsonova sudah 6 tahun tidak minum air putih. Dia mengantinya dengan jus serta sayuran.

Zhanna D'Art Meningga Usai Diet Ekstrem (Sky News)

Namun akibat pola dietnya, kondisi Zhanna jadi sangat lemah dalam minggu-minggu terakhir hidupnya. Dia bahkan tidak bisa tidur dan kesulitan berjalan. Zhanna sebenarnya sempat dipulangkan ke negaranya untuk mendapat perawatan.

Akan tetapi tidak lama setelahnya, Zhanna Samsonova kabur. Salah seorang teman Zhanna menyebut jika influencer itu rutin konsumsi buah nangka dan durian selama 7 tahun terakhir. Menurut Zhanna, diet aneh itu memberi dampak positif bagi tubuh maupun pikirannya.

Padahal, banyak teman dan kerabat yang mengkritik gaya hidup Zhanna dan menilainya sebagai sebuah kebodohan. Sementara itu, teman influencer lainnya yakni Olga Chernyaeva mengungkap kondisi terakhir Zhanna saat bertemu di Sri Lanka. 

Olga membeberkan kondisi Zhanna Samsonova sudah sangat lemah. Kaki Zhanna pun membengkak. "Kakinya bengkak, sungguh menakjubkan dia masih bisa bergerak. Aku pikir dia melakukan (diet) dengan rasa sakit," kata Olga Chernyaeva dilansir dari Daily Mail.

"Aku mencoba berbicara dengannya, untuk meyakinkan dia perlu mencari bantuan dari dokter dan melakukan tes. Aku menunjukkan tubuhnya di cermin dan foto-foto beberapa tahun terakhir. Tapi, karakter Zhanna tidak sederhana, tidak mungkin meyakinkannya tentang masalah tertentu," imbuhnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"