Mencoba Kelezatan di Balik Kesederhanaan Nasi Telor Ceplok Pontianak yang Sempat Viral

Mencoba Kelezatan di Balik Kesederhanaan Nasi Telor Ceplok Pontianak yang Sempat Viral

Mencicipi kenikmatin sepiring nasi hangat dengan telur ceplok bumbu kecap dan bawang putih. Bonus resepnya kalau mau bikin di rumah!

Salah satu tempat makan yang wajib kamu kunjungi kalau lagi liburan ke Pontianak adalah Restoran Ayong 999 di Jalan Gajah Mada. Di tempat ini, ada beberapa menu kayak nasi goreng dan kwetiau, tapi yang jadi andalan adalah nasi telur ceplok. 

Menu nasi putih dengan telur ceplok mungkin bukan sesuatu yang spesial. Kebanyakan orang pasti udah pernah menyantap makanan ini di rumah. Ya tentu aja karena bikinnya juga gampang dan bahannya murah meriah.

Kenapa sepiring nasi dengan telur ceplok bisa jadi populer? Bisa jadi ini semua berawal dari video Nex Carlos. Awal tahun lalu, cowok yang merupakan food blogger ini sempat makan menu tersebut di Restoran Ayong 999 dan sampai saat ini videonya udah ditonton 9 juta kali. 

Di dalam video, Nex bilang kalau menu ini sebenarnya udah ada sejak dulu dia masih sekolah di Pontianak dan memang selalu ramai pembeli. 

Seporsinya memang cuma terdiri dari nasi putih panas dan di atasnya diberi telur mata sapi yang bisa kamu pilih matang atau setengah matang. Bagian yang bikin spesial adalah, telurnya dikasih bumbu kecap dan minya bawang putih. Walaupun emang tampilannya sederhana, tapi kelihatan nikmat dan bikin pengin cobain.

Bikin nasi telur di rumah

Bikin nasi telur di rumah Nasi telor ceplok viral (cookpad.com)

Kalau pengin nyobain nasi telur dengan rasa otentik, kamu mungkin harus datang langsung ke tempatnya. Tapi, bisa juga kok bikin sendiri di rumah. Bahannya pun mudah didapatkan dan pastinya nggak mahal. 

Bahan:

● Sepiring nasi putih
● 1 butir telur ayam
● 2 siung bawang putih, cincang halus 
● Setengah sendok teh kecap asin
● Setengah sendok teh kecam manis
● Lada secukupnya
● Minyak untuk menggoreng 

Cara membuat: 

● Panaskan minyak di atas wajan
● Tumis bawang putih sampai kecokelatan
● Masukkan telur
● Tambahkan kecap manis, kecap asin, dan lada 
● Tunggu sampai telur matang sesuai selera 
● Angkat, dan taruh telur di atas nasi beserta semua bumbunya
● Nasi telur ceplok siap disajikan hangat-hangat

Biar berhasil bikin nasi telurnya, kamu juga bisa ngintip video tutorialnya yang udah dibikin sama William Gozali di akun Youtube-nya. Yuk cobain masak!

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"