Makanan Tak Lazim: Daging Trenggiling

Makanan Tak Lazim: Daging Trenggiling

Kali ini kita akan membahas makanan-makanan tak lazim yang ada di seluruh dunia. Tapi kali ini kita bakalan bahas daging.

Kalau biasanya tuh kita suka makan daging ya dari ayam, bebek, sapi, maupun kambing kali ini beda gengs. Kita bakalan bahas daging hewan ekstrim.

Katak, ular, klelawar? Wah lewat, kali ini kita akan bahas soal "daging trenggiling" 

Kenapa daging trenggiling yang jadi makan tak lazim itu di makan

Daging trenggiling (breaking news)

Selama sepuluh tahun terakhir, trenggiling telah menjadi hewan yang paling banyak diperdagangkan secara ilegal. 

Total, ada lebih dari 1 juta trenggiling yang diambil dari hutan Asia dan Afrika. Sisik trenggiling dipercaya dapat memiliki manfaat medis dan digunakan dalam pengobatan tradisional. Jadi begitu alasannya.

Proses penjualan legal atau ilegal?

Sementara, daging trenggiling dijual secara ilegal untuk dimasak menjadi sup. Sup trenggiling sendiri dikonsumsi oleh orang-orang karena alasan budaya, spiritual, dan faktor sosial. 

Biasanya, sup trenggiling ini disajikan sebagai makanan mewah oleh pebisnis atau politikus dalam rangka memamerkan kekayaan. Selain itu, sup trenggiling juga menjadi cara untuk membuat klien atau rekan kerja terkesan.

Olahan daging trenggiling (Bang isman)

Olahan trenggiling biasanya diolah menjadi apa?

Di China, potret trenggiling yang dimasak menjadi sup dan disajikan saat pesta diketahui pernah tersebar di media sosial. Pada tahun 2017 silam, sup trenggiling diketahui menjadi sajian dalam sebuah perjamuan yang dihadiri pebisnis Hong Kong dan pemerintah lokal China.

Kemudian pada tahun 2011, seorang pengguna Weibo di Shenzhen, provinsi Guangdong juga pernah membagikan foto sup trenggiling dan nasi goreng dengan darah trenggiling.

Karakteristik daging trenggiling

Menurut laman Vice, daging trenggiling memiliki bau yang tidak biasa yang dapat memenuhi seluruh rumah. Untuk tekstur sendiri, dagingnya sama seperti daging hewan pada umumnya. 

Warna daging trenggiling cenderung lebih gelap. Tidak hanya itu, daging juga sedikit lengket dan memiliki tekstur seperti benang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"