Kopi Biji Tanaman Okra, Gimana Rasanya Ya?

Kopi Biji Tanaman Okra, Gimana Rasanya Ya?

Kopi dari biji tanaman okra ini pastinya beda dengan kopi biasa. Unik ya, kamu pecinta kopi harus coba nih.

Dilansir dari laman detik.com di Kabupaten Bantul ditemukan kopi yang tidak biasa. Kopi ini berasal dari biji okra. Tanaman yang biasanya digunakan sebagai bahan memasak. Untuk menambah rasa nikmat racikan kopi okra ini ditambah dengan jahe.

Kebayang gak gengs gimana rasanya? Penasarankan dengan rasa dan aroma kopinya?

Pemilik ide pembuatan kopi dari biji okra dan jahe adalah bapak Budi Santoso. Katanya nih, ide membuat kopi dari biji okra muncul akhir tahun 2018. Ketika beliau melihat tanaman okra yang tidak laku dijual dan tidak dimanfaatkan.

Tanaman okra utuh (monticelloshop.org)

"Tanaman okra ini sempat booming 3 tahun yang lalu dan harganya mahal, tapi seiring berjalannya waktu, ambles, hilang dan hanya dimanfaatkan sebagai bahan baku masakan," kata pak Budi.

Tanaman okra sebenarnya termasuk golongan sayuran loh. Okra adalah sayuran berbentuk seperti jari atau cabai besar yang sangat lunak dan berlendir. Sayuran ini punya nama ilmiah Abelmoscchus Esculentus ini tumbuh subur di negara beriklim tropis, khususnya di Ethiopia dan negara di Asia Selatan.

Kalau tidak terbiasa dengan lendirnya, memang bisa bikin kamu jadi kurang suka mengonsumsinya. Akhirnya tanaman ini jadi tidak banyak yang memasak.

"Terus saya lihat tanaman ini mudah ditemukan dan memiliki biji. Kemudian kepikiran, gimana kalau bijinya ini (okra) saya coba manfaatkan jadi kopi, karena saya berpikir semua biji-bijian bisa dibuat kopi, apalagi di Bantul belum punya kopi yang khas," imbuh Budi lagi.

Setelah mendapat ide membuat kopi tersebut, pak Budi mulai mengumpulkan tanaman okra untuk diambil bijinya.

Bagian tanaman yang biasa buat sayur (stado.mercadolibre.com.mx)

"Risetnya sekitar 7 bulan, pertama-tama itu saya coba menggiling okra dan menyeduhnya dengan air panas, ternyata baunya agak pengar (aroma kurang enak). Terus saya coba campur dengan irisan jahe saat proses sangrai dan ternyata baunya itu (pengar) bisa hilang dan saat diseduh air panas rasanya enak," katanya.

Lama juga ya gengs, udah kayak nungguin istri mau lahiran. Demi mendapatkan rasa yang nikmat dan mantab nih.

"Proses mengolahnya seperti membuat kopi persis itu. Jadi pertama kita ambil biji okra yang sudah tua, jangan yang masih berwarna hijau. Terus bijinya itu dijemur, kalau sudah kering disangrai sampai gosong. Nah, saat menyangrai ini ditambahkan potongan jahe dengan perbandingan 1 kilogram biji okra dicampur 1 ons potongan jahe," ujar Budi.

"Setelah (biji okra dan jahe) disangrai terus biji okra diblender, digiling dan disaring pakai penyaring agar hasilnya halus. Kalau sudah selesai langsung bisa diolah jadi minuman kopi, cepat kok prosesnya," sambung Budi.

Kata pak warna dan penampakan kopi okra ini sekilas akan mirip dengan kopi biasa. Sama-sama hitam tapi ampasnya lebih banyak. Kopi okra ini juga punya kandungan vitamin yang bermanfaat buat kesehatan.

Biji tanaman okra (www.amazon.com)

"Kopi okra ini mengandung vitamin A, B, C sampai K, untuk kandungan mineralnya ada kalium, magnesium, tembaga, seng, fosfor dan kalsium. Jadi kopi ini berkhasiat untuk mengobati anemia, anti kanker, mengurangi asma, menguatkan tulang, menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan mata," kata pak Budi.

Jadi penasaran ya dengan kopi okra ini.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"