Kepikiran Gak Sih ... Kenapa Es Kopi Susu Ngetren Banget di Indonesia?

Kepikiran Gak Sih ... Kenapa Es Kopi Susu Ngetren Banget di Indonesia?

Beberapa tahun belakangan, es kopi susu lagi ngetren banget nih di Tanah Air. Banyak kedai kopi yang mulai menghadirkan menu es kopi susu untuk para pelanggan.

Tapi ... kepikiran gak sih kenapa es kopi susu ngetren banget di Indonesia? Kenapa ya es kopi susu bisa diterima dengan mudah oleh lidah orang Indonesia?

Hal ini diungkap oleh Andanu Prasetyo, owner Kopi Tuku, salah satu kedai kopi yang menawarkan es kopi susu yang hits itu loh.

Es kopi kok bisa ngetren banget ya di Indonesia? (Instagram @tokokopituku)

Seperti dilaporkan Kompas.com, es kopi susu jadi populer di Indonesia karena ada beberapa rasa kopi yang dianggap familiar dengan jajanan yang mudah ditemukan sehari-hari.

"Saya lihat cendol di jalan pakai gula merah. Ada banyak jajanan yang pakai kelapa dan gula merah. Jadi itu relevan dengan rasa kopi susu yang menggunakan gula merah," kata sang pemilik Kopi Tuku yang biasa disapa Tyo itu.

Tyo juga pernah melakukan riset dengan bertanya kepada orang-orang. Dia bertanya tentang cita rasa kopi seperti apa yang diinginkan?

Andanu Prasetyo, pemilik Kopi Tuku (kompas.com)

Dari riset itu, Tyo jadi tau deh kalo orang-orang Indonesia suka dengan kopi yang rasanya gak terlalu asam. Lebih ke ... medium dark roast gitu gengs.

Di balik itu, Tyo juga menemukan bahwa orang-orang pun suka dengan kopi yang dingin dan manis. Yang paling penting nih ... harganya cukup murah lah.

Makanya, Tyo pun menggagas dan berusaha agar orang-orang bisa memperoleh kopi yang mudah dan murah. Dan jadilah es kopi susu ala Kopi Tuku.

Di lain pihak, Yoshua Tanu, founder Jago Coffee dan Common Ground Coffee juga mengungkapkan bahwa tren es kopi susu akan semakin menguat. Kopi susu juga bisa jadi trademark Indonesia di mata dunia.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"