Kenapa Bika Ambon Berasal dari Medan, Bukan dari Ambon? Ini Jawabannya

Kenapa Bika Ambon Berasal dari Medan, Bukan dari Ambon? Ini Jawabannya

Bika Ambon menjadi salah satu kue yang terkenal di Indonesia. Bika Ambon adalah kuliner khas dari Medan, Sumatera Utara. Banyak orang yang mungkin bingung nama Bika Ambon kenapa berasal dari Medan bukan dari Ambon di Maluku sana.

Makanan Bika ternyata dibawa oleh bangsa Portugis ketika menduduki Indonesia. Bika menjadi salah satu  kue yang awalnya memang terkenal di Ambon saat Portugis bertahun-tahun menjajah wilayah di timur Indonesia.

Namun kue bika ambon justru menjadi terkenal di Medan dibandingkan Ambon karena seorang penjual kue pada zaman dahulu menjual kue bika di jalan Ambon yang terletak di Kota Medan. Nama Ambon itu bukan karena ibu kota Maluku melainkan nama jalan di Medan.

Bika Ambon (Merdeka.com)

Karena toko kue yang menjual bika di jalan Ambon itu tersohor, akhirnya orang-orang menyebut bahwa kue itu adalah bika ambon. Akhirnya sampai sekarang banyak wisatawan yang datang ke Medan sudah pasti wajib membawa oleh-oleh bika ambon.

Selain cerita soal toko kue di jalan Ambon, ada pula kisah lain yang menyebut bahwa kue bika dipopulerkan oleh orang Ambon yang tinggal di Medan. Orang itu tidak  mau pulang ke kampung halaman dan malah memutuskan untuk menetap di Medan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"