Jarang Diketahui, Ini Daftar 11 Buah Unik Asli Indonesia Yang Langka dan Terancam Punah

Jarang Diketahui, Ini Daftar 11 Buah Unik Asli Indonesia Yang Langka dan Terancam Punah

Indonesia sebagai negara tropis tuh kaya akan buah-buahan segar dan unik. Malah ada beberapa jenis buah yang jarang orang tahu keunikannya. Memang sih ada buah yang nggak umum dijual di pasar atau supermarket, pun nggak ada di setiap daerah. 

Saking nggak banyak yang tahu, keberadaan buah-buahan ini jadi langka dan susah banget dicari. Jadi nggak ada salahnya kan kita mulai melestarikan buah-buahan ini. Coba cek yuk seberapa kenal sih kamu sama aneka buah khas negara kita~ 

Siapa yang tau buah kersen? Bentuknya kayak ceri tapi lebih kecil dan warnanya agak pucat. Anak 90-an harusnya tau dan pernah ngalamin manjat pohonnya nih pas kecil! Rasanya manis banget dan banyak airnya. Sayang banget kalau sampai punah! 

Kalau ini namanya buah manau dari tanaman rotan. Rasanya asem manis dan banyak ditemukan di Kepulauan Belitung. 

Buah lay atau pepeken ini bisa kamu cari di Kalimantan Tengah dan Timur. Lucu ya bentuknya persis durian, tapi warnanya lebih kuning cantik dan dagingnya tebal banget. Rasanya pun manis dan baunya nggak menyengat kayak durian. 

Ini buah gandaria atau nama ilmiahnya bouea macrophylla griffith. Rasanya asem banget dan biasa jadi bahan sambal. 

Buah matoa atau pometia pinnata ini aslinya dari Papua dan bisa berbuah setahun hanya sekali aja. Rasanya manis dan aromanya unik deh, kayak ada campuran antara durian, rambutan, dan kelengkeng.

Buah alkesa yang sering disebut sawo Belanda ini juga terbilang langka lho. Penampilannya cantik dan kelihatan segar ya? Sekilas mirip mangga dan ubi. Kalau teksturnya memang mirip banget sama ubi yang lembut.

Selanjutnya ada buah maja yang bisa kamu temuin di beberapa daerah Jawa dan Bali. Buah unik ini populer sejak zaman kerajaan Majapahit lho. 

Bukan nama daerah elite di Jakarta Pusat, menteng juga ada buahnya lho! Buah menteng ini identik dengan kulit hijau kekuningan dan isinya merah. Rasanya asem manis segar~ 

Dari bentuknya, mirip sama tomat dan ceri ya? Ini namanya lobi-lobi. Rasanya asam dan agak manis, pas banget dijadiin bahan ngerujak atau bikin manisan. 

Kamu mungkin masih sering denger nama kesemek, tapi tau nggak nih buahnya yang mana? Kalau dalam bahasa Inggrisnya disebut persimmon, keren ya? Warnanya oranye vibrant, cantik banget! Rasanya sepet tapi menyehatkan~ 

Terakhir, ada buah kecapi. Mirip banget sama manggis tapi beda warna. Rasanya manis dan agak asam. Kalau tekstur dagingnya lembek dan berair. Wajib dicoba kalau nemu buah ini!

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"