Ini Beberapa Jenis Minuman Kopi dari Berbagai Daerah di Indonesia

Ini Beberapa Jenis Minuman Kopi dari Berbagai Daerah di Indonesia

Ini lho beberapa jenis minuman kopi dari berbagai daerah di Indonesia. Kalian udah pernah minum yang mana nih?

Indonesia adalah salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Orang-orang di Indonesia tentu saja akrab dong dengan minuman yang satu ini.

Saking akrabnya, berbagai daerah di Indonesia punya berbagai jenis racikan kopi gengs. Ini terjadi karena percampuran budaya, dan itulah yang membentuk cara penyajian kopi yang berbeda-beda.

Seperti dikutip dari Kompas.com, inilah beberapa jenis minuman kopi dari berbagai daerah di Indonesia.

1. Kopi talua

 1. Kopi talua Ini nih kopi talua, spesial pake telor (Twitter @infoSumbar)

Kopi talua, pernah denger gak? Asalnya dari mana hayo? Yak, kopi talua berasal dara Ranah Minang, Sumatra barat. Talua berasal dari bahasa Minang yang berarti telur. Kopi talua berarti disajikan bersama telur.

Bukan telur ceplok atau dadar gengs, tapi telurnya dicampur ke kopinya. Biasanya sih telur bebek, ayam, atau ayam kampung. Yang digunakan ya cuma kuning telurnya aja.

Telur diaduk bersama kopi dan dikocok sampe berbusa. Setelah berbusa, kopi itu ditambahin susu kental manis, juga bubuk kayu manis. Kalian bisa temukan kopi talua di banyak rumah makan khas Minang di Indonesia.

2. Kopi joss

2. Kopi joss Kopi joss mah terkenal banget nih di Jogja (magazine.job-like.com)

Kopi joss terkenal banget di kalangan turis dan masyarakat Yogyakarta. Kopi Joss emang cuma kopi yang diseduh kayak biasa, tapi kopi ini ditambah arang panas yang dimasukkan ke dalam gelas kopi itu.

Arang yang terkena kopi akan menimbulkan suara 'joss'. Dan itulah awal mula kopi ini disebut Kopi Joss. Kalian bisa temukan kopi ini di Kota Pelajar ya gengs.

3. Kopi lelet

3. Kopi lelet Kopi lelet tuh begini gengs (phinemo.com)

Rembang, Jawa Tengah, juga punya tradisi ngopi yang unik nih. Di sana ada kopi lelet yang disajikan dengan metode tubruk.

Orang-orang di Rembang akan mengambil ampas kopi dari kopi yang diminum itu. Ampas kopi itu biasanya akan digunakan untuk membatik di atas batang-batang rokok yang akan mereka hisap. Tradisi itulah yang dinamakan lelet.

4. Kopi rabongan

4. Kopi rabongan Kalo ini kopi rabongan namanya, dari Ambon (resepnusantara.id)

Kopi rabongan berasal dari Kota Ambon. Kopi ini umumnya menggunakan jenis kopi arabika.

Kopi ini direbus dengan campuran rempah-rempah mulai dari jahe, cengkih, kayu manis, sereh, dan gula pasir. Setelah direbus, kopi rabongan umumnya ditaburi biji kenari sebagai pelengkapnya. Enak banget gengs.

5. Kopi takar

5. Kopi takar Disajikan di batok kelapa dan diaduk pake kayu manis (wowkeren.com)

Nah, kalo kopi takar berasal dari Mandailing, Sumatra Utara. Takar dalam bahasa Mandailing berarti batok kelapa. Jadi jelas ya ... kopi ini bakal disajikan di dalam batok kelapa untuk menggantikan gelas

Minum kopi takar juga gak diaduk dengan sendok, tapi pake kayu manis gengs. Jadi harum pastinya.

6. Kopi Khop

6. Kopi Khop Asik banget ya bisa kayak begini (jadiberita.com)

Ini nih kopi dari daerah Sumatra juga, tepatnya dari Aceh. Kopi ini disajikan dalam gelas terbalik gengs, jadi ampas kopinya bakal ada di piring tempat gelasnya dibalik.

Kopi ini diminum dengan cara diseruput di bagian piring saji. Itu dia uniknya.

7. Kopi Kothok

7. Kopi Kothok Beginilah kopi kothok itu (Twitter @warmojogja)

Kopi ini berasal dari Cepu, Jawa Tengah. Kalo biasanya kapi tuh diseduh, kopi kothok bakal direbus dulu sama gulanya juga.

Masyarakat Cepu percaya kalo kopi yang direbus rasanya bakal jauh lebih enak daripada kopi yang cuma diseduh. Kalian perlu hati-hati juga ya pas mau minum kopi ini. Soalnya, kopi yang baru direbus itu langsung dituang ke dalam gelas loh.

Kalian udah pernah minum kopi yang mana nih?

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"