Hati-hati! 5 Bumbu Tambahan Dalam Masakan Ini Haram Buat Muslim, Jangan Sampai Salah Ya!

Hati-hati! 5 Bumbu Tambahan Dalam Masakan Ini Haram Buat Muslim, Jangan Sampai Salah Ya!

Dalam memasak, sudah hal yang biasa untuk menambahkan berbagai macam bumbu. Hal ini bertujuan untuk membuat rasa masakan menjadi semakin lezat. Akan tetapi, para umat Muslim harus berhati-hati.

Sebab, ada beberapa bumbu yang haram untuk dikonsumsi lantaran mengandung babi maupun alkohol. Berikut ini dirangkum bumbu masakan yang haram dikonsumsi untuk para penganut agama Islam. Yuk scroll!

1. Mirin

Ilustrasi Mirin (IDN Times)

Bumbu yang biasanya digunakan dalam masakan Jepang ini terbuat dari beras ketan, beras koji dan shochu (sake Jepang). Namun bumbu ini tidak halal karena mengandung alkohol yang cukup tinggi antara 10-14 persen.

Kandungan alkohol ini muncul karena hasil fermentasi, di mana beras yang dipakai didiamkan selama 40-60 hari. Bumbu masakan ini memunculkan rasa manis, memberi kilau pada makanan dan membuat makanan gurih.

2. Angciu

Angciu merupakan salah satu penyedap rasa yang sering digunakan untuk aneka masakan China. Biasanya, angciu dipakai untuk menghilangkan bau amis pada ikan dan daging serta membuat makanan lebih lezat.

Namun, bumbu masakan ini juga haram digunakan karena memiliki kandungan alkohol. Di mana, bumbu masakan yang terbuat dari beras ketan dan ragi ini juga merupakan hasil fermentasi. 

3. Char Siu



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"