Masak nggak hanya aktivitas di dapur. Memasak adalah ritual menikmati hidup. Merencanakan bahan, cara mengolah, dan banyak cerita soal 'rasa'.

Kanal Grandma's Recipes menganggap bahwa memasak nggak hanya menghidupkan resep masa lalu. Resep yang dipilih ini secara khusus berasal dari para nenek yang menikmati proses hidup, sehat dan melewati masa ke masa.

Kanal ini menganggap bahwa memasak nggak hanya menghidupkan resep masa lalu. Resep yang dipilih ini secara khusus berasal dari para nenek yang menikmati proses hidup, sehat dan melewati masa ke masa.

Kanal YouTube ini baru mengunggah 10 video resep. Setiap nenek, disela aktivitas memasak. Menceritakan pengalaman hidupnya. Dari sebagai pedagang, petani, dan lain sebagainya. Ditambah, petualangan 'rasa' masakan dan perjalanan peristiwa. 

Kebayang nggak sih, begitu menikmatinya mereka. Segala pahit dan manis dalam hidupnya diceritakan dengan senyum. Lanskap lahan pertanian dan dapur yang menjadi latar. Menambah keinginan penontonnya untuk berkunjung dan mendengarkan ceritanya tentang hidup.

Nggak hanya soal hidup yang sudah mereka alami. Tetapi, resep yang mereka beri sudah nggak asing buat kita. Resep masakan Jepang memang nggak jauh dari sayuran, ikan dan nasi. 

Masami-san, nenek berusia 100 tahun yang bercerita tentang masa mudanya saat memasak. Sejak usia 8 tahun sudah mulai bekerja dan jauh dari orang tua. Kita bisa belajar soal hidup darinya. Meskipun hidupnya nggak mudah. Tapi, ia tetap damai dalam menghadapinya. Hmm.. resep masakannya berasal dari bahan-bahan yang ia tanam sendiri. 

Selanjutnya, Sumiko-san. Ia akan melakukan apa saja agar suaminya merasa bahagia. Dalam ceritanya, meskipun susah, ia bisa melewatinya dengan mudah dan nggak lupa merasa bahagia.

Suara beratnya terasa bijaksana. Mungkin, ia pernah melewati masa yang tidak mudah. Tetapi, tradisi tetap ia pegang sebagai kekuatan. Termasuk tradisi dalam memasak resep-resep makanan. 

Satsuko-san bilang kalo udah musim sansai, kita bakal sangat senang saat melaluinya. Sansai adalah sayuran liar yang banyak tumbuh di Toyama, Toga, Jepang. Sansai dipetik saat musim semi. Saat musim itu tiba, maka tumbuhan akan mulai bersemi. Tanaman ini tumbuh di daerah pegunungan. 

Satsuko-san memasak sansai dengan air yang diambil dari mata air pegunungan. Kalo diambil dari air kran, rasanya akan berbeda. Bertangkai-tangkai sansai ia rendam dengan garam. Kemudian merebusnya dengan air dari pegunungan. Ia tidak tahu berapa lama merebusnya. Tetapi, ia sangat kenal dengan warna. Saat warnanya lebih muda dan teksturnya lembut, ia mengangkatnya dan merendam sansai dengan air dingin. Simak deh resep-resep Satsuko-san.

Sepuluh video sudah diunggah. Video feature ini diproduseri oleh Yu Nakamura dan direncanakan akan memproduksi 40 video. Kamu bisa belajar banyak dari nenek-nenek dalam setiap video. Selain belajar resep masakannya, kamu bisa belajar soal perjalanan hidup, cinta, relasi dan lain sebagainya di kanal Grandma's Recipes ini.

Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna



Facebook Conversations