Gampang Diikuti! Gini 2 Trik Cegah Munculnya Belatung Karena Sisa Sambal Yang Nempel Di Cobek

Gampang Diikuti! Gini 2 Trik Cegah Munculnya Belatung Karena Sisa Sambal Yang Nempel Di Cobek

Belakangan publik dihebohkan dengan viralnya video belatung  keluar dari cobek  batu saat dibakar di atas kompor. Terkait hal ini, seorang koki yang populer di TikTok yakni Chef Nausa menduga peristiwa ini terjadi karena pemilik kurang bersih saat mencuci peralatan masaknya.

Pasalnya, sisa bumbu makanan yang menempel di cobek akan menarik perhatian lalat untuk bertelur di cobek tersebut. Bahkan terkadang sisa bumbu makanan itu akan mengering dan sulit dibersihkan dengan air. Tapi sekarang, kamu tidak perlu khawatir.

Foto: Belatung Di Cobek (TikTok)

Ada trik mudah yang bisa dilakukan untuk mencegah sisa sambal dan bumbu lain menempel di cobek batu dan akhirnya menghindari munculkan belatung. Lantas bagaimana cara mencegah adanya belatung itu? Berikut penjelasannya.

Dikutip dari Kompas.com, cara pertama yang harus dilakukan untuk mencegah hal itu adalah langsung memindahkan sambal ke wadah lain. Jadi, ketika sambal sudah selesai diulek, segera pindahkan ke mangkuk atau wadah lain. Jangan biarkan sampai sambalnya basi di atas cobek.

Terlebih sambal mentah yang memakai tomat, jika dibiarkan di luar ruangan sambal tersebut bisa asam atau basi. Sehingga, berpotensi akan munculnya belatung. Bukan hanya sisa sambal, ulat kecil atau belatung juga bisa mengotori cobek kalau membiarkan sambal terlalu lama di atas cobek.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"