Gak Cuma Pakai Sabun Cuci Piring, Redam Sayuran Dan Buah Pakai Cairan Ini Lebih Ampuh Hilangkan Pestisida

Gak Cuma Pakai Sabun Cuci Piring, Redam Sayuran Dan Buah Pakai Cairan Ini Lebih Ampuh Hilangkan Pestisida

Sudah hal yang biasa, pestisida digunakan dalam dunia pertanian. Memang, pestisida bisa menjadi solusi instan untuk menghadapi serangan hama dan gulma. Tapi mungkin kamu juga sudah tahu kalau pestisida berbahaya untuk kesehatan jika masuk ke dalam tubuh. 

Oleh karena itu, disarankan untuk mencuci sayuran dan buah terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Berbicara tentang cara menghilangkan pestisida yang menempel, mungkin sebagian besar dari kamu sudah mengetahui bahwa sabun cuci piring sering digunakan untuk mendapatkan manfaat itu. 

Namun penggunaan sabun cuci piring terkadang tak bisa ampuh untuk membersihkan pestisida. Walaupun beberapa produk pencuci piring bisa digunakan untuk membersihkan pestisida pada sayuran, tapi terkadang tidak bisa menghilangkan pestisida sepenuhnya dan masih menempel.

Ilustrasi Cuka Serta Buah Dan Sayur (Grid.ID)

Meski begitu, kamu tidak perlu khawatir. Selain penggunaan sabun cuci piring, ada bahan lain yang bisa membantu menghilangkan pestisida. Bahan itu adalah cuka putih. Dikutip dari Good Housekeeping, cuka memiliki sifat asam yang berarti dapat merusak beberapa bahan secara besar-besaran. 

Khususnya pada buah dan sayuran, cuka putih juga bisa membantu menghilangkan resido pestisida. Cara penggunaannya pun tidak asal semprot. Kamu perlu mencampurkan tiga bagian air dengan satu bagian cuka putih dan tuangkan ke dalam botol semprot. 

Kemudian bilas sayur dan buah menggunakan air setelah diberi semprotan air cuka tersebut. Tidak hanya itu, kamu juga bisa membuat larutan dengan komposisi 10 persen cuka putih dan 90 persen air. Setelahnya, rendam sayuran dan buah-buahan di dalamnya. Aduk lalu bilas sampai bersih.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"