Dianggap Remeh, Ternyata Cicak Laku di Pasar Ekspor Loh! Gadis Ini Raup Puluhan Juta Per Bulan

Dianggap Remeh, Ternyata Cicak Laku di Pasar Ekspor Loh! Gadis Ini Raup Puluhan Juta Per Bulan

Cicak biasanya jadi hewan yang gak diharapkan kedatangannya. Selain kotorannya yang bau, cicak juga suka nempel di makanan. Gak jadi makan deh jadinya.

Tapi hewan yang dipandang sebelah mata dan dianggap gak ada harganya ini justru jadi ladang penghasilan buat banyak orang. Salah satunya Ita Purwita.

"Awalnya dari usahanya ibu, sudah 16 tahunan. Saya baru merintis sekitar setengah tahun. Awalnya ada permintaan. Dikirim ke Surabaya," kata Ita dikutip dari Liputan6.com.

Bisnis cicak Ita Purwita (liputan6.com)

Dia mewarisi bisnis turun temurun dari keluarganya jualan cicak kering. Cicak ini bisa tembus pasar ekspor loh gengs. Karena digunakan sebagai bahan obat di China.

Cicak yang udah kering dijual dengan harga Rp 250.000 per Kg. Cicak yang udah ditangkap dan mati dibersihkan menggunakan detergen agar bersih dan bebas bakteri.

"Dapatnya dari wilayah Cirebon, kemudian Jawa Tengah. Itu ada pengepulnya. ?Masih hidup kemudian kita keringkan. Kita rendam pakai sabun, nanti lama-lama mati sendiri, kemudian kita oven malam hari, paginya jemur di matahari biar lebih kering. Kemudian baru dijual," jelas dia.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"