Cara Mudah Masak Nasi Pulen Dan Enak Pakai Rice Cooker

Cara Mudah Masak Nasi Pulen Dan Enak Pakai Rice Cooker

Orang Indonesia tuh katanya belom makan kalau nggak kena nasi. Jadi meski udah makan bakso sampai kenyang pun, itungannya belum makan. Memang nggak bisa disalahkan sih mengingat nasi adalah makanan pokok kebanyakan orang di negara kita. 

Nah, masak nasi tuh juga gampang banget lho. Cocok banget buat anak kosan yang lagi ngirit, bisa bawa nasi buat bekal. Kamu cuma butuh modal beras dan alat memasak. Nggak perlu ribet lagi pakai dandang, sekarang masak nasi udah lebih praktis pakai rice cooker. 

Kalau mau coba masak nasi yang enak dan pulen, kamu bisa ikutin tips ini ya~ 

Memasak nasi (seriouseats.com)

Cuci beras tiga kali 

Sebelum mulai masak nasi, kamu bisa cuci dulu berasnya. Soalnya, kadang beras itu suka ada kotoran yang nempel jadi perlu dibuang. Nggak perlu lama-lama, tiga kali aja cukup kok. Selama mencuci, kamu bisa meremas-remas beras biar kotorannya terlepas dan terbuang. Nggak masalah kalau airnya masih agak keruh karena sebenarnya berasnya udah bersih kok. 

Gini lho cara ngukur air buat masak nasi (parenting.orami.co.id)

Takaran air

Hal paling krusial dalam memasak nasi adalah takaran airnya. Kalau terlalu banyak, nasi bisa lembek. Sebaliknya, nasi bisa kering dan keras kalau airnya kelewat sedikit. Makanya, penting banget buat tahu takaran paling pas. 

Ada dua cara yang bisa kamu coba untuk takaran air. Yang pertama pakai rasio 1:2 untuk beras dan air. Jadi, misalnya 1 gelas beras berarti airnya 2 gelas. 

Bisa juga pakai ukuran buku jari. Setelah dicuci, masukin beras ke rice cooker terus tambahin air. Tuang airnya sampai setinggi garis pertama jari telunjuk. Jadi, waktu kamu udah nambahin air, masukin jari telunjuk ke dalam beras dan pastikan airnya pas satu buku jari aja ya. 

Kalau udah selesai,  tombol masak di rice cooker tinggal dicetek dan tunggu nasinya matang deh~ 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"