Cara Membuat Peyek Kacang: Dijamin Bikin Ketagihan~

Cara Membuat Peyek Kacang: Dijamin Bikin Ketagihan~

Begini cara membuat peyek kacang yang super uenak~

Pernah gak sih saat kamu kunjungan ke rumah orang dihidangkan peyek kacang. Rasanya gurih gitu apalagi ada kacangnya juga.

Penasaran gak sih dengan cara membuat peyek kacang tersebut? Kalian pasti berpikir, ada resep rahasianya, ya emang iya sih.

Cara membuat peyek kacang

Kamu kebayang kgak, bisa membuat peyek kacang yang enak di rumah sendiri? Caranya gasulit kok, coba ikuti ulasan berikut

Peyek Kacang Tanah

Peyek Kacang Tanah Peyek kacang (sajiansedap.grid.id)

Bahan-bahan:

  • 300 gr Tepung beras
  • 200 gr Tepung tapioka

Bumbu halus :

  • 4 siung Bawang putih
  • 3 butir Kemiri
  • 2 cm Kunyit (saya 2 cm tapi besar)
  • 1 sdm Ketumbar (saya 1 sdt Ketumbar bubuk)
  • Secukupnya Garam (saya 1,5 sdt)
  • 1 butir Telur ayam, kocok lepas
  • 1 sdt Kapur sirih, rendam dengan sedikit air, saring
  • 500 ml Santan kental 1/2 kelapa
  • Secukupnya Air (untuk tambahan saja)(saya 100 ml)
  • 250 gr Kacang tanah (sesuai selera), iris jadi 2 bagian
  • Secukupnya Daun jeruk, iris halus (saya 10 lbr yang muda)

Peyek kacang (sajiansedap.grid.id)

Langkah Pembuatan:

-Campurkan tepung beras dan tapioka. Aduk rata

-Masukkan bumbu halus, ketumbar, garam, telur, air kapur. (Air kapur membuat peyek tambah empuk)

-Masukkan santan sedikit demi sedikit. Aduk rata. Tambah air secukupnya sesuai selera. Pastikan adonan tidak terlalu kental atau terlalu encer

-Masukkan kacang tanah, daun jeruk. Aduk rata

-Panaskan minyak goreng agak banyak. Tuang adonan di tepi wajan. Siram2 dengan minyak agar lepas dari tepi wajan. Goreng sampai kuning agak kecoklatan. Tambahkan air secukupnya pada adonan jika merasa kurang tipis

-Tiriskan peyek dengan tissue dapur. Simpan dalam toples/wadah kedap udara

-Peyek kacang tanah siap untuk disajikan deh~

Rempeyek kacang manis (Ampyang Kacang Tanah)

Rempeyek kacang manis (Ampyang Kacang Tanah) Ampyang (Fimela.com)

Kalau bosen sama peyek yang gurih-gurih, kamu juga bisa buat peyek kacang tanah manis alias ampyang, gimana caranya? Kuy kita kepoin~

Bahan-bahan:

  • 150 gram Kacang tanah sudah jadi beli di Migros
  • 75 gram gula merah
  • 25 gram gula pasir
  • 2 cm Jahe di parut
  • Sedikit garam
  • 50 ml air

Langkah Pembuatan:

-Didihkan gula semua bahan kecuali kacang tanah, Masak dengan api sedang sampai semua mendidih dan juga kental dan lengket

-Masukkan kacang tanah dan aduk sampai rata beberapa menit

-Rempeyek kacang manis (Ampyang Kacang Tanah) langkah memasak 2 foto

-Lalu ambil tempat dan alasi dengan plastik, cetak sesuai selera, saya pakai cutting board dan alasan plastik, bentuk dengan senduk pengaduk tadi sesuai selera

-Rempeyek kacang manis (Ampyang Kacang Tanah) langkah memasak 3 foto

-Dinginkan selama minimum 20 menit atau sampai kering dan siap disajikan deh~

Jadi itulah beberapa cara membuat peyek kacang

yang enak. Gimana nih? Tertarik membuatnya sendiri di rumah?

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"