Cara Membuat Nugget: Nggak Pake Ribet, Irit Lagi, Mama Merapat Deh!

Cara Membuat Nugget: Nggak Pake Ribet, Irit Lagi, Mama Merapat Deh!

Berikut cara membuat nugget yang enak dan murah-meriah.

Biasanya sih anak-anak itu suka banget kalau dibuatin makanan hasil kreasi sendiri, apalagi yang unik kaya nugget gitu, pastinya bekalnya abis.

Daripada beli yang belum tentu kesehatanya, mendingan cari tahu deh cara membuat nugget yang murah meriah dan bikin sehat.

Cara membuat nugget

Anak-anak tu pasti seneng banget kalau diberi bekal nugget, apalagi kalau rasanya enak, wah auto abis tuh bekal. Begini cara membuatnya.

Nugget Ayam

Nugget Ayam Nugget ayam (Fimela.com)

Nugget ayam adalah nugget yang paling digandrungi banget sama anak-anak, selain itu bahannya pun mudah dan gampang diolah.

Bahan-bahan:

  • 500 gr dada ayam
  • 3 butir telur
  • 4 siung bawang putih
  • 2 batang daun bawang
  • 100 gr wartel
  • 3 sdm tepung maizena
  • 1 sdt garam, gula, lada, royco (bagi yang suka)
  • Secukupnya tepung terigu
  • Tepung roti/tepung panir

Langkah Pembuatan:

Pertama, blender daging, bawang putih dan telur hingga halus, kemudian campur semua bahan, kecuali terigu dan tepung rotinya, aduk sampai tercampur rata.

Masukkan adonan yang sudah diolesi dengan margarin, lalu kukus hingga matang, lalu potong kecil kecil nugget yang sudah dikukus sesuai selera.

Masukkan nuget yang sudah dipotong-potong ke dalam tepung terigu yang sudah di campuri air, lalu baluri dengan tepung roti gengs.

Setelah selesai diamkan nugget di dalam frezer selama 1 jam agar tepung panirnya bener-bener mempel sempurna. Goreng hingga matang, nugget ayam siap disajikan.

Nugget Tempe

Nugget Tempe Nugget Tempe (sahabatnestle.co.id)

Tempe merupakan makanan yang berprotein dan bergizi tinggi, tapi gimana kalau anak ga suka? Ya dibikin nugget aja deh. Begini cara membuat nugget tempe yang enak.

Bahan-Bahan:

  • 1 papan tempe 3000
  • 1 butir telur
  • 2 sdm tepung terigu
  • 2 siung bawang putih
  • Penyedap rasa
  • Lada bubuk
  • Sejumput garam
  • Tepung terigu
  • Tepung panir

Langkah Pembuatan:

Kukus tempe terlebih dahulu dan haluskan bumbu dan tempe. Kemudian campurkan adonan dengan telur dan tepung terigu dan masukkan kewadah, tekan-tekan lalu Kukus kembali.

Setelah itu keluarkan dari wadah lalu potong kecil kecil dan celupkan ke tepung terigu kemudian tepung panir. Simpan dalam kulkas beberapa saat. Lalu goreng.

Nugget Ayam Wortel

Nugget Ayam Wortel Nugget Ayam Wortel (tokomesin.com)

Anak susah makan wortel? Tenang, akalin aja deh dengan olahan nugget ayam dan wortel ini, soalnya cara membuat nugget ini emang banyak digemari anak gengs.

Bahan-Bahan:

  • 500 gram dada ayam pisah tulang dan kulit
  • 1 buah wortel ukuran sedang
  • 2 sendok makan tepung terigu
  • 3 sendok makan tepung maizena
  • Secukupnya bubuk bawang putih
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya bubuk merica
  • Secukupnya saos tiram
  • 2 butir telur kocok lepas
  • Secukupnya tepung panir

Langkah Pembuatan:

Blender daging ayam sampai halus, parut halus wortel, siapkan loyang/cetakan kue olesin minyak agar adonan tidak lengket.

Campur rata semua bahan, perbaiki rasanya, kemudian masukkan semua adonan, kukus kurang lebih 30 menit. Lalu dinginkan kemudian potong sesuai bentuk yang diinginkan.

Siapkan telur di tempat terpisah dan tepung panir/tepung roti di tempat terpisah, masukkan adonan yang sudah dipotong ke dalam telur lalu pindahkan ke tepung roti, sampai menempel rata.

Susun ke dalam kotak penyimpanan, simpan di freezer bisa digoreng tiap saat diinginkan. Tinggal sajikan aja deh dan anak kita akan kemasukan wortel moms.

Jadi itulah cara membuat nugget yang enak, murah, dan tentunya anak suka dong. Nah gimana nih moms? Tertarik membuatnya?

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"