Persiapan Lebaran, coba deh sajikan gado-gado siram di rumah. Kalo gak tahu caranya, nih lho resep gado-gado siram. Bisa kamu coba sendiri, kan?

Biar tubuh sehat, konsumsi olahan sayuran adalah hal yang harusnya dijadikan kebutuhan. Sayur bisa memberikan berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Makanya, sayang banget kan kalo nggak doyan?

Nah, untuk olahan sayur, ada yang makanan khas Surabaya yang menarik dan bisa dicoba, nih. Namanya gado-gado siram. Pernahkah kamu mencoba?

Gado-gado siram (sindonews.com)

Eits, tapi kamu juga bisa bikin sendiri lho di rumah. Cara mudah. Kumpulkan aja bahan lalu terapkan resep gado-gado siram di bawah ini. So, langsung coba aja, ya. 

Eh ya, jangan lupa, bagikan foto terbaikmu di kolom komentar, ya. 

Bahan bumbu gado-gado siram

 - 1/2 sendok teh merica bubuk

 - 12 siung bawang putih goreng utuh yang digoreng hingga permukaannya berwarna kecoklatan

 - 200 gram kacang tanah digoreng

 - 3 buah cabe keriting

 - 100 gram gula merah

 - 1 sendok teh terasi goreng

 - 2 sendok makan gula pasir

 - 4 butir asam jawa yang sudah dibuang bijinya

 - 2 sendok teh garam

Gado-gado siram (njajan.com)

Bahan isian gado-gado siram

 - 2 butir telur rebus

 - 500 mL santan dengan kekentalan yang sedang

 - 75 gram krupuk udang

 - 100 gram kacang panjang dipotong dengan panjang 3 cm lalu direbus

 - 75 gram emping

 - 100 gram kecambah direbus

 - 3 buah lontong

 - 100 gr daun selada dipotong sepanjang 2 cm

 - 2 buah kentang rebus

 - 1 buah timun yang dibelah 4 lalu dirajang

 - 2 buah tomat

 - 150 gram tempe kotak diiris tebal 1,5 cm

 - 100 ml air

 - 200 ml minyak

 - 1 buah tahu cina botong serasi

Cara membuat gado-gado siram

Pertama-tama, haluskan semua bahan bumbu gado-gado siram jadi satu lalu rebus dengan ditambahkan santan. Lalu, masak aja dengan api kecil hingga berminyak dan mengental.

Gado-gado siram Bon-Bin (jitunews.com)

Sembari menunggu bumbu gado-gado siram masak, goreng terlebih dahulu tahu dan tempe hingga jadi kekuningan. Kalo sudah, angkat dan tiriskan.

Nah, susun isian dari gado-gado siram. Letakkan lontong di piring, masukkan tahu dan tempe. Setelah itu, tutupi menggunakan sayur yang sudah diiris kecil di atasnya. 

Cara terakhir, siram aja piring yang sudah tersusun dengan isian dari gado-gado siram dengan bumbu yang sudah masak. Tambahkan bawang goreng, telur rebus, emping dan kerupuk udang. Makanan pun siap untuk disajikan.

Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna



Facebook Conversations